Sabtu, 18 April 2009

Soal Mid Semester Genap IPSKelas VII

Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c dan d yang merupakan jawaban yang paling benar pada lembar jawab yang tersedia
1. Gambar permukaan bumi yang dilihat dari atas dan digambarkan pada bidang datar disebut...
a. sketsa
b. globe
c. peta
d. atlas
2. Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut...
a. kartografi
b. kaligrafi
c. geografi
d. unigrafi
3. Berikut ini syarat-syarat sebuah peta, kecuali...
a. mudah dimengerti
b. merupakan alat peraga
c. menggambarkan keadaan sebenarnya
d. rapi dan bersih
4. Berikut adalah informasi geografis yang harus ada pada peta, kecuali...
a. skala
b. legenda
c. simbol
d. daftar isi
5. Fungsi peta antara lain sebagai berikut, kecuali...
a. digunakan untuk menunjukkan posisi suatu tempat di permukaan bumi
b. digunakan untuk menunjukkan arah
c. digunakan untuk menunjukkan jarak
d. menggambarkan keadaan sebenarnya
6. Peta yang menggambarkan kenampakan umum permukaan bumi, yaitu kenampakan alam dan kenampakan buatan disebut...
a. peta umum
b. peta khusus
c. peta kecil
d. peta besar
7. Bakorsurtanal adalah badan pemerintah yang bertugas dalam bidang...
a. perencanaan wilayah
b. pemetaan
c. pengembangan kota
d. pemukiman
8. Apabila suatu peta berskala 1: 50.000 dan antara dua kota pada peta 2 cm, jarak sebenarnya sebenarnya dua kota tersebut...
a. 1 km
b. 2 km
c. 10 km
d. 20 km
9. Contoh data geografis yang termasuk kenampakan hidrografi adalah...
a. danau
b. jembatan
c. jalan
d. pemukiman
10. Warna hijau pada peta kenampakan relief menunjukkan bahwa pada daerah tersebut adalah daerah...
a. dataran tinggi
b. dataran rendah
c. pegunungan
d. bersalju
11. Apabila keliling bumi dibagi dengan lamanya waktu berputar, maka dapat diketahui bahwa dengan waktu 1 jam dapat menempuh jarak...
a. 10 derajad
b. 15 derajad
c. 20 derajad
d. 20 derajad
12. Berikut ini adalah variabel-variabel simbol dalam data kuantitatif, kecuali...
a. tekstur
b. nilai
c. bentuk
d. ukuran
13. Kenampakan hidrografis dalam data geografis antara lain....
a. danau
b. jembatan
c. pegunungan
d. bersalju
14. Kenampakan yang dapat langsung terbaca jika melihat peta, seperti jaringan jalan merupakan kenampakan...
a. bentang alami
b. persebaran alami
c. bentang budaya
d. persebaran spasial
15. Berikut ini yang bukan kegunaan globe, ialah...
a. menirukan rotasi bumi
b. menunjukkan kemiringan sumbu bumi
c. menunjukkan kemepatan pada kedukutub bumi
d. menunjukkan garis lintang dan garis bujur
16. Keadaan rata-rata cuaca dalam jangka waktu tertentu yang panjang disebut....
a. iklim
b. cuaca
c. temperatur
d. prakiraan cuaca
17. Tanah yang tidak subur biasanya terdapat di daerah....
a. pulau-pulau bergunung api
b. darah delta sungai
c. pegunungan berkapur
d. dataran banjir
18. Gambar bentuk permukaan bumi baik berupa kenampakan alam dan kenampakan buatan manusia disebut....
a. geografi
b. kartografi
c. topografi
d. fotografi
19. Informasi perkembangan kependudukan bisa didapat melalui....
a. survey kondisi geografis
b. sensus penduduk
c. catatan kriminalitas
d. pengamatan kondisi lingkungan sosial
20. Dalam klasifikasi kepadatan penduduk 0-50 orang/km2 dideskripsikan dengan kata-kata ....
a. tidak padat
b. cukup padat
c. kurang padat
d. sangat padat
21. Tujuan penyajian data-data kondisi penduduk menggunakan peta adalah ....
a. menunjukkan lokasi persebarannya
b. memperlihatkan perkembangannya
c. mendokumentasikan seluruh data
d. memudahkan pengolahan data
22. Berdasar jenis kenampakan pelabuhan, jembatan termasuk kenampakan...
a. kenampakan buatan manusia
b. kenampakan air (hidrografi)
c. kenampakan relief (hipsografi)
d. kenampakan titik
23. Kenampakan air (hidrografi) disimbolkan dengan warna....
a. biru
b. kuning
c. hijau
d. coklat
24. Peta yang menggambarkan unit area yang memiliki nilai yang sama disebut....
a. peta digital
b. peta koroplet
c. peta penduduk
d. peta timbul ...
25. Sumber-sumber informasi perkembangan penduduk ada tiga, kecuali...
a. sensus
b. survey
c. registrasi
d. pendataan
26. Perhitungan resmi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap penduduknya, di Indonesia dilakukan oleh....
a. BPS
b. BPN
c. APBN
d. Pemda…
27. Kumpulan keterangan mengenai terjadinya peristiwa lahir dan mati dan segala kejadian penting yang mengubah status sipil seseorang sejak lahir hingga mati disebut....
a. sensus
b. kuesioner
c. survey
d. registrasi
28. Yang termasuk sensus ekonomi adalah kecuali....
a. sesus pertanian
b. sensus rumh tangga
c. sesus industri
d. sensus penduduk
29. Salah satu situs internet yang dapat membantu siswa dapat melihat kondisi topografi di berbagai belahan dunia yaitu ….
a. yahoo
b. google earth
c. g-mail
d. e-mail
30. Atmosfer sebagian besar terdiri atas....
a. nitrogen dan karbon dioksida
b. oksigen dan nitrogen
c. argon dan oksigen
d. hidrogen dan nitrogen
31. Susunan volume udara antara yang paling besar adalah....
a. nitrogen
b. oksigen
c. karbonmonoksida
d. kalium
32. Ketinggian atmosfer daerah katulistiwa hanya berkisar .... km
a. 15
b. 16
c. 17
d. 18
33. Ruang udara yang berfungsi sebagai ruang bagi penerbangan pesawat adalah
a. tropopause
b. stratosfer
c. mesosfer
d. termosfer
34. Termosfer berfungsi…
a. ruang penerbangan pesawat
b. memantulkan gelombang radio
c. ruang penempatan satelit
d. memantulkan gelombang TV
35. Keadaan atmosfer di suatu tempat yang tidak luas pada saat tertentu dan tidak berlangsung lama disebut....
a. iklim
b. cuaca
c. meteorologi
d. hujan
36. Keadaan rata-rata pada suatu daerah luas dan jangka waktu lama (10 - 30 tahun) disebut....
a. iklim
b. cuaca
c. meteorologi
d. hujan
37. Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut....
a. meteorologi
b. klimatologi
c. geologi
d. geografi
38. Unsur pembentuk cuaca dan iklim antara lain..
a. suhu udara
b. tekanan udara
c. curah hujan
d. termometer
39. Banyaknya uap air yang terkandung dalam udara disebut ….
a. suhu udara
b. tekanan udara
c. kelembaban udara
d. angin
40. Udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah disebut
a. curah hujan
b. tekanan udara
c. kelembaban udara
d. angin
41. Angin bergerak dari tekanan maksimum menuju tekanan minimum Di sebelah utara katulistiwa angin berbelok kekanan, sedangkan di sebelah selatan katulistiwa angin berbelok ke kiri. Ini adanya bunyi hukum....
a. Buys Balot
b. Buys Falot
c. Buys Eliot
d. Balot Buys
42. Higrometer adalah...
a. alat mengukur panas udara
b. alat mengukur kelembaban udara
c. alat mengukur tekanan udara
d. alat mengukur kecepatan angin
43. Alat untuk mengukur arah angin dan kecepatan angin disebut...
a. anemometer
b. barometer
c. termometer
d. spidometer
44. Hujan yang terjadi hanya dua kali dalam setahun adalah....
a. hujan orografis
b. hujan batu es
c. hujan frontal
d. hujan ekuatorial
45. Hujan muson di Indonesia terjadi bulan ....
a. Januari – Juni
b. Oktober – April
c. April – Oktober
d. Juli – Desember
46. Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat bertekanan udara yang sama disebut....
a. garis khayal
b. garis ekuator
c. garis isoheat
d. garis isobar
47. Angin berhembus dari ....
a. daerah yang bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah
b. daerah yang bertekanan rendahi ke daerah bertekanan tinggi
c. daerah yang bertekanan rendah ke daerah bertekanan rendah
d. daerah yang bertekanan tinggi ke daerah bertekanan tinggi
48. Angin fohn mempunyai sifat sebagai berikut, kecuali...
a. panas
b. kering
c. kencang
d. lambat
49. Di Indonesia angin fohn antara lain ...
a. Angin Bohorok di Sumatera Utara
b. Angin Kumbang di Jawa Tengah
c. Angin Gending dan angin Grenggong di Jawa Timur
d. Angin chinok di Sulawesi Selatan
50. Informasi cuaca di Indonesia diperoleh dari...
a. BMG
b. BPS
c. PBB
d. GMB

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat
1. Sebutkan 4 (empat) fungsi peta! (4)
2. Sebutkan warna-warna pada peta dan jelaskan masing-masing! (4)
3. Sebutkan susunan atmosfer bumi (4)
4. Sebutkan manfaat atmosfer bagi bumi (4)
5. Sebutkan alat-alat pengukur curah hujan dan iklim (4)

Jumat, 17 April 2009

Indonesia 10 Besar Perusak Lingkungan

PRESTASI yang satu ini tentu bukan kabar menggembirakan. Indonesia masuk sepuluh (10) besar negara donatur pemanasan global di planet tercinta ini. Ini artinya, kerusakan lingkungan di wilayah Nusantara kembali menjadi sorotan dunia internasional. Indonesia disebut-sebut sebagai negara nomor kesepuluh yang memberikan andil cukup besar akan karut marutnya iklim saat ini.

Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar pun mengakui prestasi kelam itu. Sebagai menteri lingkungan, tentu Witoelar merasa sangat prihatin dengan kenyataan tersebut. Sementara predikat nomor satu perusak iklim dunia dipegang negara super power Amerika Serikat.

Menurut catatan, prosentase sumbangan pemanasan yang diberikan Indonesia cukup besar. Kontribusi pemanasan global di Indonesia mencapai sekitar 5 persen dari total pemanasan global sedunia. Sedangkan Amerika Serikat, sebagai negara terbesar yang mengakibatkan kerusakan lingkungan, memberikan sumbangan pemanasan global sekitar 27-30 persen.

Sumbangan pemanasan global, tentu salah satunya dihasilkan dari kondisi lingkungan yang rusak. Pohon habis digunduli. Bukit dan gunung dikelupas, dengan alasan untuk perumahan, pembuatan jalan, perkebunan, pertambangan atau yang lainnya.

Alasan tersebut di atas, jika dirasa-rasakan sebenarnya terlalu sederhana, naif, dan kekanak- kanakan. Hanya semata demi keuntungan material sesaat, semuanya diterjang. Dan bukannya keuntungan di masa depan yang dipikirkan.

Padahal jika dikalkulasikan dan dibandingkan, kerusakan yang terjadi akibat bencana alam terkait kesalahan manusia dengan keuntungan sesaat yang diterima tidaklah sebanding. Bencana jebolnya tanggul Situ Gintung misalnya, jika saja dialokasikan dana untuk pemeliharaan tanggul tentu pada akhirnya dana yang dikeluarkan pemerintah tidak sebanyak ketika penanganan bencana jebol seperti saat ini.

Demikina pula terhadap pengelolaan lingkungan dan penyelamatan hutan. Jika hutan bisa diselamatkan, hingga gilirannya pemanasan global bisa ditekan, maka ancaman bencana di masa mendatang juga akan bisa ditekan pula. Dengan demikian efesiensi biaya, penyelamatan kesehatan lingkungan dan lain sebagainya juga bisa lebih dikedepankan.

Menurut Witoelar, kerusakan hutan Indonesia sebenarnya masih sekitar 40 persen dari total hutan yang ada. Jadi masih ada 60 persen hutan yang masih bagus. Namun demikian kita tidak boleh terlalu “berbangga” dengan bandingan prosentase tersebut, karena sampai saat ini masih terjadi peningkatan akumulasi kerusakan lingkungan.

Kita ambil contoh sebagian dari hutan di Indonesia saja. Hutan Sumatera misalnya, ternyata membutuhkan perhatian yang cukup serius. Menurut catatan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, produksi kertas, kelapa sawit, dan kopi yang diolah untuk kepentingan masyarakat telah merusak hutan di Sumatera.

Dalam kurun waktu 1995 sampai 2007 jumlah organisme penutup permukaan hutan Sumatera yang hilang mencapai 48 persen. Kini jumlah sumber daya alam yang dapat digunakan hanya tersisa 30 persen saja. Itu pun telah digunakan untuk produksi kertas, kopi, dan kelapa sawit.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, menurut WWF, salah satu cara paling sederhana adalah dengan menghemat dan mengurangi konsumsi produk yang menghilangkan habitat hidup, misalnya mengurangi penggunaan kertas. Bayangkan, untuk menghasilkan satu rim kertas saja harus dikorbankan sekitar dua meter persegi hutan.

Bayangan tentang kerusakan hutan Sumatera tersebut tentu bisa kita simulasikan pula untuk melihat seberapa besar kerusakan hutan di wilayah lain, semisal kerusakan hutan di Kalimantan, Papua, Sulawesi, Jawa, dan lain sebagainya.

Efeknya menggurita
Jika pemanasan global terus berlangsung seperti sekarang, akibat sampingannya akan lebih mengerikan lagi. Diprediksikan pegunungan di seluruh dunia akan terancam kehilangan sungai esnya (gletser).

Laporan Program Lingkungan PBB (United Nations Environment Programme/UNEP) menyebutkan, tren penyusutan sungai es yang terjadi sekarang bersifat mendunia dan cepat, bahkan mengalami percepatan. Ini akan mengakibatkan banyak pegunungan di dunia kehilangan sungai es pada akhir abad 21.

Penyusutan es pada periode 1996-2005 meningkat dua kali lipat dibanding satu dekade sebelumnya, yakni 1986-1995, dan lebih dari empat kali dibanding dua dekade sebelumnya, yakni 1976-1985.

Dampak perubahan iklim ini tentu akan mengakibatkan banyak pulau tenggelam gara-gara naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub, ancaman banjir, ketidakpastian iklim, dan cuaca ekstrem.

Ketakpastian iklim dan cuaca ekstrim, selain memicu timbulnya hujan berkepanjangan dan banjir, juga memicu kondisi sebaliknya. Yakni, kekeringan dalam waktu cukup lama, di belahan bumi yang lain.

Ketika terjadi peningkatan indeks kekeringan, itulah yang memicu meningkatnya penyulutan api yang mengakibatkan lahan atau hutan terbakar. Kebakaran sudah pasti menyebabkan peningkatan konsentrasi gas rumah kaca (GRK) seperti korbondioksida (CO2), gas metan (CH4), dan dinitroksida (N20) di atmosfer.

Selain itu, udara panas yang dihasilkan dari kebakaran hutan juga bisa memicu bencana yang lain. Peningkatan panas di suatu daerah, dapat memicu munculnya perbedaan udara yang ekstrim yang berpotensi memunculkan bencana angin puting beliung.

Nah, makin jelaslah kini semuanya. Ancaman bencana akibat kecerobohan kita semua semakin lengkap. ***

Wahai semua mari menyulam rimba
Agar warnanya kian hijau memikat
Bila kita semua sepaham selamatkan dunia
Niscaya kemajuan di masa depan akan makin pesat

Soal Latihan Mid Semester Genap IPSKelas VII

1. Gambar permukaan bumi yang dilihat dari atas dan digambarkan pada bidang datar disebut...
2. Ilmu yang mempelajari tentang peta disebut...
3. Fungsi peta antara lain sebagai berikut ....
4. Peta yang menggambarkan kenampakan umum permukaan bumi, yaitu kenampakan alam dan kenampakan buatan disebut...
5. Macam peta umum ada tiga antara lain,
6. Bakorsurtanal adalah badan pemerintah yang bertugas dalam bidang...
7. Peta yang menggambarkan kenampakan umum permukaan bumi yang berupa kenampakan fisik dan kenampakan sosial budaya adalah peta...
8. Apabila suatu peta berskala 1: 50.000 dan antara dua kota pada peta 2 cm, jarak sebenarnya sebenarnya dua kota tersebut...
9. Contoh data geografis yang termasuk kenampakan hidrografi adalah...
10. Gunung api, kota termasuk kenampakan yang disimbolkan dengan ...
11. Warna hijau pada peta kenampakan relief menunjukkan bahwa pada daerah tersebut adalah daerah...
12. Apabila keliling bumi dibagi dengan lamanya waktu berputar, maka dapat diketahui bahwa dengan waktu 1 jam dapat menempuh jarak...
13. Bentuk-bentuk simbol yang menyerupai gambar yang dipetakan disebut...
14. Jenis kenampakan yang digambarkan dalam bentuk simbol garis adalah ....
15. Jenis kenampakan yang digambarkan dalam bentuk simbol garis adalah...
16. Kenampakan hidrografis dalam data geografis antara lain....
17. Kenampakan yang dapat langsung terbaca jika melihat peta, seperti jaringan jalan merupakan kenampakan...
18. Garis meredian 180° timur dan barat yang terletak pada garis yang sama disebut...
19. Berikut adalah kegunaan globe...
20. Keadaan rata-rata cuaca dalam jangka waktu tertentu yang panjang disebut....
21. Tanah yang tidak subur biasanya terdapat di daerah....
22. Gambar bentuk permukaan bumi baik berupa kenampakan alam dan kenampakan buatan manusia disebut....
23. Pengamatan kondidi topografi dapat dilakukan dengan cara-cara....
24. Informasi perkembangan kependudukan bisa didapat melalui....
25. Dalam klasifikasi kepadatan penduduk 0-50 orang/km2 dideskripsikan dengan kata-kata ....
26. Untuk menggambarkan secar visual data-data penduduk banyak digunakan ....
27. Sebagian besar data-data sensus disajikan dalam bentuk ....
28. Tujuan penyajian data-data kondisi penduduk menggunakan peta adalah ....
29. Monografi merupakan salah satu bentuk deskripsi menyangkut suatu tema yang sifatnya ....
30. Berdasar jenis kenampakan pelabuhan, jembatan termasuk kenampakan...
31. Contoh dari kenampakan area adalah sebagai berikut....
32. Kenampakan air (hidrografi) disimbolkan dengan warna....
33. Peta yang menggambarkan unit area yang memiliki nilai yang sama disebut....
34. Perkawinan, perceraian, pengangkatan anak dan perpindahan penduduk termasuk dalam….penduduk
35. Sumber-sumber informasi perkembangan penduduk ada tiga,
36. Informasi perkembangan kependudukan bisa didapat melalui….
37. Perhitungan resmi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap penduduknya, di Indonesia dilakukan oleh....
38. Daftar pertanyaan tertulis yang ditujukan untuk mendapatkan informasi, pendapat, opini masyarakat mengenai suatu topik atau masalah tertentu disebut....
39. Kumpulan keterangan mengenai terjadinya peristiwa lahir dan mati dan segala kejadian penting yang mengubah status sipil seseorang sejak lahir hingga mati disebut....
40. Yang termasuk sensus ekonomi adalah....
41. Dalam klasifikasi kepadatan penduduk 0 – 50 orang/km dideskrepsikan dengan kta-kata….
42. Tingkat kualitas yang ingin dicapai dan diterima sebagai ukuran disebut ....
43. Topografi daerah yang sulit dijangkau umumnya memiliki penduduk yang….
44. Salah satu situs internet yang dapat membantu siswa dapat melihat kondisi topografi di berbagai belahan dunia yaitu ….
45. Atmosfer berasal dari kata Atmos dan sphaira .Atmos artinya....
46. Atmosfer sebagian besar terdiri atas....
47. Udara terdiri dari campuran sebagai berikut, kecuali....
48. Susunan volume udara antara yang paling besar adalah....
49. Susunan lapisan atmosfer ada lima antara lain...
50. Ketinggian troposfer rata-rata .....km
51. Ketinggian atmosfer daerah kutub hanya berkisar .... km
52. Ketinggian atmosfer daerah katulistiwa hanya berkisar .... km
53. Ruang udara yang berfungsi sebagai ruang bagi penerbangan pesawat adalah
54. Lapisan bumi dengan ketinggian rata-rata 50 – 80 km adalah....
55. Benda angkasa seperti meteor akan terbakar di lapisan ….
56. Termosfer disebut juga ...
57. Termosfer berfungsi…
58. Temperatur termosfer mengalami perubahan di ketinggian 200 – 400 km pada suhu
59. Lapisan bumi yang penyusun utamanyanya adalah gas hidrogen adalah lapisan....
60. Manfaat atmosfer bagi bumi adalah sebagai berikut
61. Keadaan atmosfer di suatu tempat yang tidak luas pada saat tertentu dan tidak berlangsung lama disebut....
62. Keadaan rata-rata pada suatu daerah luas dan jangka waktu lama (10 - 30 tahun) disebut....
63. Ilmu yang mempelajari tentang cuaca disebut....
64. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut....
65. Tanah yang tidak subur biasanya terdapat di….
66. Gambaran bentuk muka bumi, baik berupa kenampakan alam dan kenampakan buatan disebut….
67. Unsur pembentuk cuaca dan iklim antara lain..
68. Banyaknya uap air yang terkandung dalam udara disebut ….
69. Di bawah ini adalah sifat-sifat cuaca adalah sebagai berikut, ….
70. Faktor penyebab perbedaan suhu udara di permukaan bumi adalah sebagai berikut
71. Udara yang bergerak dari daerah yang bertekanan tinggi ke daerah bertekanan rendah disebut
72. Angin bergerak dari tekanan maksimum menuju tekanan minimum Di sebelah utara katulistiwa angin berbelok kekanan, sedangkan di sebelah selatan katulistiwa angin berbelok ke kiri. Ini adanya bunyi hukum....
73. Alat-alat pengukur cuaca dan iklim antara lain sebagai berikut, kecuali...
74. Higrometer adalah...
75. Alat penakar curah hujan ditempatkan di ruang...
76. Alat pengukur tekanan udara disebut...
77. Alat untuk mengukur arah angin dan kecepatan angin disebut...
78. Knot adalah...
79. Orografis (hujan naik pegunungan) disebut ....
80. Peristiwa jatuhnya titik-titik air dari atmosfer ke permukaan bumi disebut ....
81. Sifat hujan zenith adalah....
82. Hujan yang terjadi hanya dua kali dalam setahun adalah....
83. Hujan muson di Indonesia terjadi bulan ....
84. Perubahan air menjadi titik-titik air disebut ....
85. Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat brtekanan udara yang sama disebut....
86. Angin berhembus dari ....
87. Angin darat adalah angin yang bertiup pada waktu....
88. Angin laut adalah angin yang bertiup pada waktu...
89. Angin fohn mempunyai sifat sebagai berikut...
90. Nama-nama angin lokal di Indonesia antara lain sebagai berikut....
91. Angin lembah memiliki ciri-ciri sebagai berikut....
92. Di Indonesia angin fohn antara lain ...
93. Informasi cuaca di Indonesia diperoleh dari...
94. Daerah peta yang memiliki suhu udara yang sama dihubungkan dengan garis....
95. Googe Earth adalah
96. BMG singkatan dari...

Kamis, 16 April 2009

Semarang Salah Satu dari 10 Kota Paling Hijau di Indonesia

Sepuluh kota besar di Indonesia bakal saling bersaing untuk mendapatkan gelar "Anugerah Hijau 2009" dari PT HM Sampoerna, dengan hadiah sebesar Rp 180 juta.

Brand Manager Sampoerna Hijau Suminto Alexander Hermawanto dalam siaran persnya di Malang, Kamis, mengatakan, sepuluh kota besar yang berkompetisi dalam "Sampoerna Hijau Kotaku Hijau" itu adalah Surabaya, Malang, Pamekasan, Semarang, Purworejo, Pekalongan, Bandung, Cirebon, Sukabumi, dan Jakarta.

Pada tahun 2009, katanya, ada tiga kategori yang dilombakan yakni taman lingkungan, hijau lingkungan, dan bersih lingkungan yang masing-masing diambil juara I, II, dan III. Hadiah untuk juara I setiap kategori sebesar Rp 30 juta, juara II sebesar Rp 20 juta, dan juara III sebesar Rp 10 juta. "Kami berharap, 10 kota terpilih ini benar-benar melakukan persiapan maksimal," katanya.

Selain menggelar program "Anugerah Hijau" yang diikuti 10 kota besar, katanya, Sampoerna Hijau juga berharap partisipasi masyarakat untuk mengirimkan SMS dalam program yang bertajuk "SMS Billboard Ayo Hijaukan Lingkungan Kita".

Dari jumlah SMS yang masuk, katanya, nantinya Sampoerna Hijau bakal melakukan penanaman pohon berbagai jenis sesuai jumlah SMS yang dikirimkan oleh masyarakat. Penanaman pohon akan dipusatkan di Kota Malang, Jatim, dan Yogyakarta.

Menurut dia, tahun 2008 pohon yang ditanam dari program SMS Billboard di Bandung sebanyak 10.000 pohon, dan tahun 2009 diharapkan lebih dari 10.000 pohon. "Kita sudah siapkan berbagai jenis pohon, tanaman perdu maupun tanaman produktif dengan jumlah cukup banyak. Kita tidak beri batasan berapa pohon yang akan ditanam, kalau bisa sebanyak-banyaknya dan kalaupun nanti SMS Billboard yang masuk jumlahnya tidak genap, kami yang akan menggenapinya," katanya.

Menyinggung kemungkinan ekspansi ke wilayah Kabupaten Malang atau Batu yang jumlah hutan kritisnya cukup tinggi, Yudi K dari manajemen Sampoerna Hijau mengaku, tergantung respons masyarakat sekitar dalam beberapa event yang digelar dalam rangkaian penganugerahan kotaku hijau.

Ia menegaskan, pengembangan sayap untuk menghijaukan dan mengembalikan hutan yang kritis selalu ada dalam program, tetapi realisasinya masih tergantung respons masyarakat dan pemerintah daerah bersangkutan. "Kami akan melihat respons masyarakat terkait program ini, kalau memang bagus pasti kami juga akan ekspansi untuk program yang lebih besar di wilayah yang memiliki hutan kritis cukup tinggi," katanya menegaskan.

Senin, 13 April 2009

Soal Bab X Pengaruh Hindu Budha di Indonesia

Bab X Pengaruh Hindu Budha di Indonesia

1. Agama Hindu berasal dari negara....
2. Agama Hindu masuk ke Indonesia diperkirakan abad....
3. Agama Budha masuk ke Indonesia diperkirakan abad....
4. Teori masuknya agama Hindu-Budha antara lain
5. Teori Brahmana mengatakan....
6. Teori Brahmana disampaikan oleh....
7. Teori Ksatria mengatakan....
8. Teori Ksatria disampaikan oleh...
9. Teori Waisya mengatakan...
10. Teori Waisya disampaikan.oleh ...
11. Teori Arus balik mengatakan...
12. Menurut Prof FDK Bosch mengatakan pengaruh Hindu Budha di Indonesia sangat....
13. Pengaruh Hindu Budha di Indonesia disebut...
14. Fecundation artinya....
15. Pengaruh budaya India terhadap kebudayaan Indonesia meliputi bidang...
16. Pengaruh India di bidang agama antara lain...
17. Pengaruh India di bidang arsitektur antara lain...
18. Candi Hindu antara lain....
19. Candi Budha antara lain....
20. Pengaruh India di bidang bahasa, Indonesia mengenal bahasa...
21. Pengaruh India di bidang tulisan, Indonesia mengenal tulisan...... dan....
22. Pengaruh India di bidang seni sastra antara lain...
23. Pengaruh India di bidang pemerintahan antara lain...
24. Pengaruh India di bidang kemasyarakatan antara lain...
25. Catur warna meliputi....
26. Pengaruh India di bidang seni patung antara lain...
27. Pengaruh India di bidang seni ukir antara lain...
28. Daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Hindu yaitu....
29. Daerah-daerah yang dipengaruhi unsur Budha yaitu....
30. Daerah Indonesia yang tak dipengaruhi unsur Hindua Budha yaitu...
31. Nama kitab agama Hindu adalah....
32. Macam kitab Hindu antara lain....
33. 4 kasta dalam agama Hindu adalah....
34. Agama Budha berasal dari negara....
35. Agama Budha diajarkan oleh....................................anak dari.....
36. Kitab agama Budha adalah...
37. Inti ajaran Budha adalah....
38. Samsara adalah
39. Karma adalah
40. Dua aliran dalam agama Budha adalah....
41. Inti aliran Mahayana adalah....
42. Inti aliran Hinayana adalah

Rabu, 08 April 2009

Soal Proses Pengaruh Islam di Berbagai Wilayah di Indonesia

1. Agama Islam berasal dari....
2. Pembawa agama Islam adalah....
3. Tiga bangsa pembawa agama Islam ke Indonesia adalah...
4. Bukti Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 7 adalah
5. Penyebab agama Islam sudah tersebar di sebagian besar wilayah Indonesia pad abad ke 16 adalah....
6. Selain disebarkan oleh para pedagang , agama Islam juga disebarkan oleh para...
7. Saluran penyebaran agama Islam di Indonesia adalah....
8. Agama Islam di pulau Jawa disebarkan oleh....
9. Walisongo meliputi....
10. Peranan wali antara lain....
11. Penyebar agama Islam di Gowa Sulawesi Selatan adalah....
12. Penyebar agama Islam di Kutai adalah....
13. Penyebar agama Islam di Aceh adalah....
14. Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah....
15. Kerajaan Kutai terletak di....
16. Raja pertama kerajaan Samudera Pasai adalah....
17. Sumber sejarah kerajaan Samodera Pasai dari dalam negeri adalah...
18. Marcopolo berasal dari...
19. Marcopolo singgah di....
20. Ibn Batuta berasal dari....
21. Catatan Ibn Batuta tentang Samodera Pasai adalah....
22. Raja yang berkuasa di Samodra Pasai antara lain....
23. Kerajaan Aceh terletak di
24. Sumber kerajaan Aceh adalah...
25. Raja kerajaan Aceh adalah....
26. Aceh melakukan penaklukan berbagai wilayah antara lain di Sumatera Barat untuk menguasai perdagangan....
27. Raja terkenal kerajaan Aceh adalah....
28. Bangunan peninggalan dari kerajaan Aceh yang terkenal adalah....
29. Kerajaan Demak didirikan oleh.......
30. Bukti bangunan peninggalan kerajaan Demak adalah
31. Raja terkenal Demak adalah....
32. Ia mendapat sebutan....artinya....
33. Kerajaan Pajang didirikan oleh....
34. Oleh Sutowijaya kerajaan Pajang dipindahkan ke....
35. Kerajaan Mataram didirikan oleh....
36. Sutowijoyo bergelar.....
37. Pengganti Sutowijoyo adalah..............................dengan julukan......
38. Ibukota kerajaan Mataram adalah....
39. Raja terkenal kerajaan Mataram adalah....
40. Sultan Agung mengarang buku yang berjudul....
41. Sultan Agung menyerang Batavia sebanyak 2 kali pada tahun....
42. Serangan ke Batavia gagal karena....
43. Isi perjanjian Giyanti adalah....
44. Isi perjanjian Salatiga adalah....
45. Kerajaan Banten didirikan oleh....
46. Raja terkenal Banten adalah....
47. Kerajaan Cirebon didirikan oleh....
48. Cirebon pecah menjadi dua yakni....
49. Kerajaan Makasar merupakan gabungan kerajaan
50. Raja terkenal kerajaan Mataram adalah....
51. Raja Hasanudin mendapat julukan....
52. Hasanudin mempunyai musuh yang bernama....
53. Kerajaan Ternate dan Tidore terletak di....
54. Ulilima adalah
55. Siwa adalah....
56. Peninggalan Islam antara lain berupa....
57. Suluk adalah....
58. Hikayat

Kamis, 02 April 2009

Dampak Kemiskinan Terhadap Masyarakat

BAB I
PENDAHULUAN

A Latar Belakang
Pada saat kita pergi kita sering melihat banyak pengemis, pengamen,dll. Itu adalah salah satu akibat dari kemiskinan. Kemiskinan memang saat ini masih belum ada solusinya, tetapi tampaknya Pemerintah masih belum maksimal dalam menangani masalah kemiskinan. Dan itu bukan hanya salah Pemerintah saja tetapi kita juga harus dapat mengatasi kemiskinan tersebut, karena untuk mengubah kemiskinan harus dibutuhkan mental yang bagus.
Kemiskinan memang dapat mengganggu kesejahteraan masyarakat, dan itu sangat tampak dari adanya rumah kumuh di pinggiran sungai, adanya penyakit busung lapar. Mungkin kemiskinan terjadi karena tidak dapat membiayai kehidupan secara langsung. Dan itulah yang terjadi sekarang ini, bahwa kemiskinan sekarang ada dimana-mana. Jika pemerintah tidak mengatasi masalah kemiskinan secepat mungkin, mungkin kemiskinan akan bertambah terus-menerus. Kemiskinan tidak hanya berdampak bagi para rakyat miskin tetapi juga berdampak bagi warga sekitarnya karena kemiskinan juga dapat meningkatkan tindakan kriminalitas.



Dengan tingginya angka kemiskinan di Indonesia, maka hal ini menjadi masalah tersendiri bagi negara ini dan sampai saat ini masih belum ada solusinya. Dan kemiskinan mempunyai hubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu kemiskinan harus kita tanggulangi agar angka kemiskinan tidak semakin tinggi.
B Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang, rumusan masalah dalam karya tulis dipaparkan sebagai berikut:
1. Apa itu kemiskinan?
2. Apa penyebab dari kemiskinan?
3. Apa dampak dari kemiskinan?
4. Bagaimana cara menanggulangi kemiskinan?
C Tujuan Penelitian
Penelitian dalam karya tulis ini bertujuan sebagai berikut :
1. Mengetahui arti dari kemiskinan
2. Mengetahui penyebab dari kemiskinan
3. Mengetahui dampak dari kemiskinan
4. Mengetahui cara menanggulangi kemiskinan


D Manfaat Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca, karena mereka akan menjadi tahu tentang kemiskinan dan menjadi lebih berhati-hati dalam perekonomiannya masing-masing. Dan semoga saja hasil penelitian ini juga bermanfaat untuk para rakyat miskin agar dapat bangkit dari kemiskinan
E Sistematika Penulisan
Karya tulis ilmiah ini terdiri atas 6 bab, yaitu :
Pendahuluan (BabI)
Memberi petunjuk yang akan dibicarakan dalam karya tulis ilmiah, yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat hasil penelitian, dan sistematika penulisan.
Landasan Teori (Bab II)
Memuat teori-teori yang digunakan sebagai jawaban detail dari rumusan masalah
Metodologi Penelitian (Bab III)
Berisi tentang cara mendapatkan data
Hasil Penelitian (Bab IV)
Berisi hasil-hasil penelitian yang diteliti dari pendapat-pendapat umum


Pembahasan (Bab V)
Berisi simpulan/rangkuman dari pernyataan dalam hasil penelitian dan landasan teori
Penutup (Bab VI)
Berisi simpulan dan saran dari penulis














BAB II
LANDASAN TEORI

A. Pengertian Kemiskinan
Secara etimologis “kemiskinan” berasal dari kata “miskin” yang artinya tidak berharta benda dan serba kekurangan. Departemen Sosial dan Biro Pusat Statistik, mendefinisikan sebagai ketidakmampuan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar minimal untuk hidup layak (BPS dan Depsos,2002). Dalam konteks politik, John Friedman mendefinisikan kemiskinan sebagai suatu ketidaksamaan kesempatan dalam mengakumulasikan basis kekuatan sosial. Frank Ellis (dalam suharto,2005) menyatakan bahwa kemiskinan memiliki berbagai dimensi yang menyangkut aspek ekonomi, politik dan sosial-psikologis.
Orang disebut miskin jika dalam kadar tertentu sumber daya ekonomi yang mereka miliki di bawah target atau patokan yang telah ditentukan. Yang dimaksud dengan kemiskinan sosial adalah kurangnya jaringan sosial dan struktur sosial yang mendukung orang untuk mendapatkan kesempatan - kesempatan agar produktivitasnya meningkat. Dapat juga dikatakan bahwa kemiskinan sosial adalah kemiskinan yang disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan kesempatan – kesempatan yang tersedia.
Kemiskinan merupakan masalah kemanusiaan yang telah lama diperbincangkan karena berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat dan upaya penanganannya. Dalam Panduan Keluarga Sejahtera (1996: 10) kemiskinan adalah suatu keadaan dimana tidak sanggup memelihara dirinya sendiri dengan taraf kehidupan yang dimiliki dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga, mental maupun fisiknya dalam memenuhi kebutuhannya.
B. Penyebab kemiskinan
Penyebab kemiskinan menurut Kuncoro (2000:107) sebagai berikut :
1. Secara makro, kemiskinan muncul karena adanya ketidaksamaan pola kepemilikan sumber daya yang menimbulkan distribusi pendapatan timpang, penduduk miskin hanya memiliki sumber daya dalam jumlah yang terbatas dan kualitasnya rendah
2. kemiskinan muncul akibat perbedaan kualitas sumber daya manusia karena kualitas sumber daya manusia yang rendah berarti produktivitas juga rendah, upahnyapun rendah
3. kemiskinan muncul sebab perbedaan akses dan modal
Sendalam ismawan (2003:102) mengutarakan bahwa penyebab kemiskinan dan keterbelakangan adalah persoalan aksesibilitas. Akibat keterbatasan dan ketertiadaan akses manusia mempunyai keterbatasan (bahkan tidak ada) pilihan untuk mengembangkan hidupnya, kecuali menjalankan apa terpaksa saat ini yang dapat dilakukan (bukan apa yang seharusnya dilakukan). Dengan demikian manusia mempunyai keterbatasan dalam melakukan pilihan, akibatnya potensi manusia untuk mengembangkan hidupnya menjadi terhambat.
C. Dampak Kemiskinan
Dampak kemiskinan di Indonesia memunculkan berbagai penyakit pada kelompok risiko tinggi seperti ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, dan lanjut usia. “Kita mengakui sejak krisis ekonomi tahun 1997 jumlah penduduk miskin di Indonesia meningkat”. Kata Azrul Azwar dari Direktorat Jenderal Bina kesehatan Depkes di Semarang. Ia mengatakan, kemiskinan yang terjadi di Indonesia menyebabkan cakupan gizi rendah, pemeliharaan kesehatan kurang, lingkungan buruk, dan biaya untuk berobat tidak ada. Akibat terkena penyakit, katanya pada lokakarya “Pengentasan Kemiskinan Melalui Pengembangan Industri Agromedicine Terpadu”, menyebabkan produktivitas rendah, penghasilan rendah dan pengeluaran bertambah.
Kemiskinan memang tidak pernah berhenti dan tidak bosan menghancurkan cita-cita masyarakat Indonesia khususnya para generasi muda. Kemiskinan sudah banyak “membutakan” segala aspek seperti pendidikan. Sebagian dari penduduk Indonesia lantaran keterbatasan ekonomi yang tidak mendukung, oleh contoh kecil yang terjadi di lapangan banyak anak yang putus sekolah karena menunggak SPP, siswa SD yang nekat bunuh diri karena malu sering ditagih oleh pihak sekolah, anak di bawah umur bekerja keras dengan tujuan memberi sesuap nasi untuk keluarganya, dll.
Bagaimana Indonesia mau maju kalau generasi muda yang seharusnya sekolah sekarang ikut merasakan korban faktor kemiskinan.
D. Cara Penanggulangan Kemiskinan
Kondisi kemiskinan di Indonesia terus mengalami tren penururnan yang cukup besar. Meskipun demikian, tantangan ke depan untuk mencapau target yang ditentukan juga masih cukup besar. Untuk itu,pemerintah telah menetapkan peningkatan kesejahteraan rakyat dan pengurangan kemiskinan sebagai tema pembangunan pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2009. Dengan demikian, program penanggulangan kemiskinan tetap menjadi salah satu prioritas pemerintah pada tahun 2009. Hal ini jika dilihat dari Rancangan Anggaran dan Belanja Negara yang ditetapkan oleh Pemerintah.
Sebagai bukti komitmen dalam menanggulangi kemiskinan, Pemerintah akan menyiapkan anggaran Rp. 66,2 triliun untuk menanggulangi kemiskinan pada tahun 2009. Besaran anggaran untuk program kemiskinan tersebut dalam APBN meningkat sekitar tiga kali lipat dalam kurun waktu 2005-2008. Dengan anggaran tersebut, angka kemiskinan ditargetkan dapat berkurang dari 15,4 persen pada tahun 2008 menjadi 12-14 persen pada tahun 2009. Peningkatan anggaran saja tentu belum cukup tanpa disertai dengan perencanaan program yang lebih efektif. Karena itu, selain peningkatan untuk mempercepat penurunan tingkat kemiskinan itu pemerintah telah melakukan harmonisasi dan sinergi program dan anggaran penanggulangan kemiskinan di tingkat pusat yang implementasinya dijalankan secara nyata di seluruh Indonesia.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A. Sasaran
Untuk memahami dampak kemiskinan yang terjadi di masyarakat maka untuk penelitian akan difokuskan ke masyarakat sekitar yang kurang mampu.
B. Wujud dan Sumber Data
Wujud data karya tulis ini berupa laporan tentang kemiskinan, penyebab kemiskinan, dampak kemiskinan, serta penanggulangan kemiskinan.
Setelah dianalisis komponen-komponen dampak kemiskinan di atas maka dapat diketahui dampak kemiskinan yang ada di masyarakat. Dalam peneliti sendiri dangan melakukan beberapa teknik pengumpulan data antara lain :
1. Observasi
Dengan menggunakan metode ini penulis mengamati kemiskinan yang terjadi di masyarakat secara langsung, yaitu di Kampung Jrobang
2. Wawancara
Menurut Sutrisno Hadi dalam bukunya yang berjudul Metodologi, wawancara dapat didefinisikan suatu percakapan yang diarahkan pada masalah tertentu, merupakan proses tanya jawab lisan, dimana dua atau lebih berhadap-hadapan secara fisik (1989:96). Dari wawancara tersebut peneliti diharapkan memperoleh informasi lebih akurat.
3. Studi Pustaka
Dengan menggunakan metode ini penulis membaca buku dan membuka internet yang berkaitan dengan kemiskinan dalam karya tulis ilmiah ini.

Sumber data karya tulis ini ada dua yaitu studi pustaka yang dijelaskan pada bab II (Landasan Teori) dan hasil wawancara yang dilaksanakan pada tanggal 1 Februari 2009 di masyarakat sekitar yang tidak mampu.
Penulis menggunakan pertanyaan yang berbeda untuk melaksanakan wawancara tersebut. Pertanyaan-pertanyaan tersebut antara lain :
1. Apakah yang membuat perekonomian keluarga anda menjadi melemah?
2. Apakah Pemerintah sudah memberikan bantuan kepada anda?
3. Siapa saja yang ikut mencari uang/bekerja untuk membiayai keluarga?
4. Usaha-usaha apa saja yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki perekonomian keluarga anda?
5. Kira-kira berapa penghasilan anda selama sebulan?




C. Populasi dan sampel
1. Populasi
Populasi adalah keseluruhan obyek penelitian atau obyek yang akan diteliti (Notoatmodjo,2005). Populasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah warga miskin yang ada di Kampung Jrobang
2. Sampel
Sampel adalah sebagian yang diambil dari keseluruhan obyek yang diteliti dan dianggap mewakili seluruh populasi (Notoatmodjo,2005).
Sampel yang akan diteliti dalam penelitian ini sebanyak 4 orang yaitu dengan perincian sebagai berikut :
a. 2 orang laki-laki selaku kepala keluarga dari RT 03
b. 2 orang perempuan selaku istri dari RT 04
D. Metode Pengumpulan Data
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif. Dengan metode ini penulis bekerja secara objektif dan sistematis untuk mendiskripsikan isi bahan komunikasi melalui pendekatan kualitatif.
Langkah-langkah pelaksanaan metode ini dapat dilihat sebagai berikut :


1. Tahap persiapan
2. Merumuskan masalah penelitian dan menentukan tujuan penelitian
3. Menentukan konsep serta menggali kepustakaan yang berkaitan dengan kemiskinan
2. Tahap pelaksanaan
1. Pelaksanaan penelitian dilakukan di Kampung Jrobang yang dilakukan pada tanggal 1 Februari 2009
2. Mengolah hasil wawancara
3. Membuat klasifikasi hasil penelitian yang telah dilakukan
3. Tahap finalisasi
1. Melakukan pengamatan kembali terhadap hasil penelitian
2. Membuat hasil penelitian dalam bentuk data yang disiapkan untuk disajikan dalam karya tulis ini
3. Menyimpulkan dari semua data yang telah didapat
4. Melaporkan dalam bentuk karya tulis yang akan dibahas dalam Bab IV dan Bab V
E. Teknik Pengolahan Data
Dari hasil penelitian menggunakan wawancara akan didapat data mengenai kondisi keluarga yang tidak mampu.
Dari data tersebut, diklasifikasikan dalam bagaimana kebijakan-kebijakan pemerintah, media yang digunakan sebagai sarana untuk mengurangi kemiskinan.
Setelah diklasifikasikan dan diolah, dibentuk laporan penelitian dengan mencantumkan seluruh olahan data yang akan dibahas dalam Bab V.
F. Teknik Analisa Data
Setelah terkumpul maka selanjutnya adalah tahap analisa data. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisa data yaitu :
1. Tahap Identifikasi
Pada tahap ini diadakan identifikasi dampak kemiskinan terhadap masyarakat.
2. Tahap Analisis
Pada tahap ini, data kemiskinan dianalisis untuk mengetahui onsisi kemiskinan yang terjadi saat ini






BAB IV
HASIL PENELITIAN
Sampel yang diambil adalah 4 orang
A. Aspek yang terdapat pada sampel
1. Identitas
2. Sebab perekonomian keluarga melemah
3. Orang yang ikut mencari uang dalam keluarga tersebut
4. Usaha – usaha yang dilakukan untuk menambah penghasilan
5. Keingintahuan apakah pemerintah sudah memberikan bantuan kepada mereka
6. penghasilan mereka perbulan
B. Berikut adalah pertanyaan – pertanyaan yang digunakan untuk wawancara
1. Apakah yang membuat perekonomian keluarga anda melemah?
2. Siapa saja yang ikut mencari uang/bekerja untuk menghidupi keluarga?
3. Usaha – usaha apa saja yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki perekonomian keluarga anda?
4. Apakah Pemerintah sudah memberikan bantuan kepada keluarga anda?
5. Berapa penghasilan anda perbulan?

C. Berikut ini adalah hasil yang didapat dari wawancara dan akan dijabarkan sesuai aspek – aspek yang telah dibuat
1. Identitas
a. Nama : Bapak Soleh
Usia : 42 tahun
Pekerjaan : Kuli Bangunan
b. Nama : Ibu Dewi
Usia : 37 tahun
Pekerjaan : Pembantu Rumah Tangga
c. Nama : Ibu Sri
Usia : 39 tahun
Pekerjaan : Pedagang
d. Nama : Bapak Ahmad
Usia : 41 tahun
Pekerjaan : Satpam

2. Sebab perekonomian keluarga melemah
a. Menurut Bapak Soleh
• Karena kebutuhan keluarga yang sangat banyak sedangkan penghasilan untuk keluarga sangat kecil
b. Menurut Ibu Dewi
• Karena harga-harga kebutuhan pokok pada naik sedangkan penghasilan kami masih tetap
c. Menurut Ibu Sri
• Karena penghasilan saya tidak tetap dan gaji suami saya tidak seberapa, sedangkan untuk kebutuhan anak saja tidak cukup
d. Menurut Bapak Ahmad
• Karena penghasilan saya kecil, padahal untuk menyekolahkan anak saya itu harus mengeluarkan uang banyak
3. Orang yang ikut mencari uang dalam keluarga tersebut
a. Menurut Bapak Soleh
• Istri dan anak saya
b. Menurut Ibu Dewi
• Suami
c. Menurut Ibu Sri
• Suami dan anak
d. Menurut Bapak Ahmad
• Tidak ada


4. Usaha – usaha yang dilakukan untuk menambah penghasilan
a. Menurut Bapak Soleh
• Menjadi tukang ojek
b. Menurut Ibu Dewi
• Membuka usaha berjualan di warung
c. Menurut Ibu Sri
• Menjual barang dagangannya yang belum laku terjual dengan cara berkeliling
d. Menurut Bapak Ahmad
• Membuka usaha berjualan di warung
5. Keingintahuan apakah pemerintah sudah memberikan bantuan kepada mereka
a. Menurut Bapak Soleh
• Sudah
b. Menurut Ibu Dewi
• Sudah
c. Menurut Ibu Sri
• Sudah

d. Menurut Bapak Ahmad
• Sudah
6. penghasilan mereka perbulan
a. Menurut Bapak Soleh
• Sekitar Rp. 500.000
b. Menurut Ibu Dewi
• Sekitar Rp. 300.000
c. Menurut Ibu Sri
• Kalau dagangannya laku bisa dapat Rp. 500.000 tapi kalau dagangannya tidak banyak yang laku bisa dapat Rp. 200.000
d. Menurut Bapak Ahmad
• Sekitar Rp. 500.000
D. Kesimpulan hasil penelitian
Walaupun mereka sedang dilanda kemiskinan tapi mereka tetap tidak putus asa. Hal ini dapat terlihat dari usaha-usaha mereka untuk bekerja paruh waktu. Dan juga tampaknya Pemerintah sudah membantu para rakyat miskin walaupun sedikit demi sedikit. Tapi tetap saja itu dapat mengancam kesejahteraan keluarganya karena anak-anak juga disuruh bekerja untuk mencari uang.


BAB V
PEMBAHASAN
A. Arti Kemiskinan
Kemiskinan berasal dari kata “miskin” yang artinya tidak berharta benda dan serba kekurangan. Kemiskinan memang mempunyai banyak arti tetapi dari semua arti tersebut mempunyai kesamaan yaitu tidak mempunyai yang dimiliki atau kekurangan. Kemiskinan tersebut memang banyak mengancam negara berkembang termasuk Indonesia. Sebelum kita mengenal lebih lanjut mengenai kemiskinan, kita harus tahu dahulu definisi tentang kemiskinan. Karena jika kita tahu definisi kemiskinan, maka kita akan mempunyai gambaran mengenai kemiskinan yang lebih luas.
B. Penyebab Kemiskinan
Kemiskinan muncul karena adanya perbedaan kualitas sumber daya manusia, karena jika kualitas manusianya rendah pasti akan mempengaruhi yang lain, seperti pendapatan. Tapi itu hanyalah masalah klasik. Sekarang penyebab kemiskinan adalah karena tidak mempunyai uang yang banyak. Orang yang mempunyai uang banyak, mereka dapat meningkatkan kualitas hidupnya karena mereka dapat bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Berbeda dengan orang miskin yang tidak punya uang banyak, mereka tidak dapat bersekolah yang lebih tinggi karena mereka tidak punya uang lagi untuk membiayai uang sekolah seperti masuk perguruan tinggi atau SMA.
C. Dampak Kemiskinan
Sekarang kemiskinan sudah memberikan dampak yang beraneka ragam mulai dari tindak kriminal, pengangguran, kesehatan terganggu, dan masih banyak lagi. Kemiskinan memang dapat menyebabkan beragam masalah tapi untuk sekarang masalah yang paling penting adalah bagaimana caranya anak-anak kecil yang sama sekali tidak mampu dapat bersekolah dengan baik seperti anak-anak lainnya. Pertama itulah masalah yang harus dipecahkan oleh pemerintah karena jika masalah itu tidak dapat dibereskan maka akan muncul masalah-masalah baru yang lebih banyak lagi. Dan juga banyak orang-orang miskin terkena penyakit tapi mereka sulit untuk berobat ke dokter karena mahal, walapun pemerintah sudah memberikan kartu kemiskinan tapi itu tidak menjamin di rumah sakit.
D. Penanggulangan Kemiskinan
Untungnya pemerintah segera bertindak dengan cara memberikan anggaran sebesar Rp. 662 triliun untuk mengurangi angka kemiskinan di tahun 2009 dari 15,4 persen pada tahun 2008 ditargetkan akan menjadi 12-14 persen pada tahun 2009. Kita boleh saja lega karena pemerintah sudah memberikan anggaran yang begitu banyak untuk rakyat miskin, tapi apa hanya dengan cara itu saja angka kemiskinan akan berkurang. Karena kebanyakan mental bangsa Indonesia adalah mental yang lebih suka dimanja daripada berusaha sendiri.


BAB VI
PENUTUP
A. Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil oleh penulis melalui kegiatan karya tulis yang berjudul “Dampak Kemiskinan Terhadap Masyarakat” adalah:
1. kemiskinan dapat terjadi karena rendahnya kualitas yang dimiliki manusia tersebut
2. kemiskinan dapat membuat orang menjadi putus asa
3. pemerintah selalu berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia
4. kemiskinan dapat menimbulkan berbagai macam masalah
B. Saran
Saran yang diambil oleh penulis bagi para pembaca adalah:
1. tingkatkanlah kualitas anda melalui sekolah ke jenjang yang lebih tinggi
2. berjuanglah dengan keras jangan sampai putus asa
3. bantulah sesamamu yang tidak mampu