Jumat, 13 Maret 2009

RPP PKn Kelas IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 1 )
NAMA SEKOLAH : SMP Kebon Dalem
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.1 Menjelaskan pentingnya usaha pembelaan negara
INDIKATOR : - Menguraikan unsur-unsur negara
- Menentukan fungsi negara
- Menemukan hak – hak dan kewajiban warga negara
dalam pembelaan negara.
- Memberikan contoh tindakan upaya bela negara.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
Menguraikan unsur-unsur negara
Menentukan fungsi negara
Menentukan hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
Memberikan contoh tindakan upaya bela negara
B. Materi Pembelajaran :
unsur-unsur negara
fungsi negara
hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
contoh tindakan upaya bela negara
C. Metoda : Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan diskusi.
D.Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara
Kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pasal 27 ayat 3 dan pasal 30, UU No. 80 Th. 1982, UU No. 3 Th. 2002
Membagi kelas menjadi 8 kelompok.
Dengan difasilitasi guru masing-masing kelompok berdiskusi tentang pembelaan negara.
Siswa menyimak penjelasan dan klasifikasi guru mnegenai konsep-konsep initi yang berkaitan dengan pembelaan negara
Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok.
Kegiatan Penutup
a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
b. Post Test
c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan diskusi kelas
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara.
Masing-masing kelompok mempersiapkan diri untuk melalkukan presentasi dari hasil diskusi kelomppok.
Setiap kelompok melakukan presentasi untuk ditanggapi oleh kelompok yang lain.
Klarifikasi dari guru tentang hak dan kewajiban warga negara dalam pembelaan negara
Kegiatan Penutup
a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
b. Post Test
c. tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang.
10 menit
60 menit
10 menit
Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Buku Materi PKn Kelas 9
UUD 1945 setelah amandemen
UU No. 20 tahun 1982
UU No. 3 tahun 2002
Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke 2. Sedangkan pertemuan pertama dan kedua penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab, aktivitas saat diskusi kelompok, substansi isi materi diskusi kelompok dan presentasi.
Bagian 1
Pilihlah salah satu jawaban di bawah in dengan cara memberi tanda silang (X) pada jawaban yang palling benar!
1. Pasal-pasal dalam UUD 1945 yang mengatur tentang bela negara adalah.....
a. 27 dan 28 c. 27 dan 30
b. 28 dan 30 d. 29 dan 30
2. Pertahanan negara diatur dalam UU No....
a. 2 Tahun 2000 c. 3 Tahun 2002
b. 2 Tahun 2002 d. 3 Tahun 2003
3. Menurut UU pertahanan negara upaya bela negara selain kewajiban dasar manusia juga
merupakan ....
a. hak warga negara
b. kehormatan bagi warga negara
c. tanggung jawab moral
d. kewajiban bagi setiap warga negara
4. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara diselenggarakan melalui seperti
tersebut di bawah ini kecuali..
a. Pendidikan Kewarganegaraan
b. pelatihan dasar kemiliteran secara wajib
c. pengabdian sesuai dengan profesi
d. menggerakkan komponen bangsa
5. contoh partisipasi pelajar dalam bela negara adalah ....
a. belajar dengan tekun agar berhasil dalam lomba olympiade matematika sebagai duta
bangsa
b. berjuang melawan penjajah
c. menguasai ilmu kemiliteran
d. siap berjuang melawan musuh
bagian 2.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan tepat!
Sebutkan 3 unsur pokok berdirinya suatu negara!
Sebutkan 4 fungsi negara !
Jelaskan pengertian ancaman militer!
Sebutkan 3 bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
salah satu fungsi negara adalah melaksanakan penertiban. Berikan penjelasan tentang fungsi penertiban!
Format Pengamatan Pelaksanan Diskusi
NO
Nama Siswa
Aspek
Jumlah Skor
Rata-rata Skor
1
2
3
4
5
Keterangan: 1. Keberanian mengemukakan pendapat
2. Keaktifan / Peran serta
3. Menghargai pendapat tema
4. Kerjasama dalam kelompok
5. Memecahkan masalah
6. Dapat diisi dengan aspek lainnya sesuai kebutuhan
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 2 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
KOMPETENSI DASAR : 1.2 Menengidentifikasi bentuk-bentuk usaha pembelaan
negara
INDIKATOR : Menyebutkan bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam
upaya pembelaan negara.
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN :
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat menyebutkan bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
MATERI PEMBELAJARAN:
Peran serta warga negara dalam usaha pembelaan negara
METODA : Ceramah bervariasi, tanya jawab dan diskusi.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
10 menit
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
2.
3.
.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep seara umum tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara
Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok tentang bentuk-bentuk keikut sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara.
Siswa mengkaji UU No. 3 Th. 2002 dan membuat resume secara kelompok.
Siswa mendiskusikan aplikasi UU No. 32 Th. 2002 pasal 9 dalam kehidupan masyarakat.
Siswa dibagi kedalam 8 kelompok untuk mencari aplikasi UU No 3 Th. 2002 pasal 9 di media masa.
Kegiatan Penutup
a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
b. Post Test
c. tindak lanjut dengan memberi tugas kelompok untuk mencari informasi dari media masa dalam bentuk kliping tentanng keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara.
60 menit
10 meniit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan
tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Masinng-masing kelompok memprsiapkan diri untuk mempresentasikan kliping hasil karya kelompok
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil karya kelompoknya, kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.
Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil karya kelompok.
Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru..
Kegiatan Penutup
a. Siswa dibimbing guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
b. Post Test
c. Mengadakan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10 menit
60 menit
10 menit
PENILAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Sebutkan 3 peraturan perundang-undangan yang mengatur kewajiban membela negara!
Sebutkanlah bentuk-bentuk keikutsertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara!
Sebutkanlah bunyi pasal 9 ayat 1 Undang-undang No.3 Tahun 2003!
Format Penilaian Kliping dan Presentasi
NO
Nama Siswa
Aspek
Jumlah Skor
Rata-rata Skor
1
2
3
4
5
Keterangan: 1. Kesesuaian antara judul dengan tema
2. Kerapihan/Estetika
3. Komentar kelompok terhadap isi kliping
4. Presentasi
5. Kemampuan argumentasi
.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 3 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 1. Menampilkan Partisipasi dalam Usaha Pembelaan Negara
KOMPETENSI DASAR : 1.3 Menampilkan Peran Serta Dalam Usaha Pembelaan
Negara.
INDIKATOR : - Menentukan sikap terhadap pihakpihak yang ingin
menghancurkan NKRI
- Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di
Lingkungannya
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Mengidentifikasi berbagai bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
Membedakan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
Memberikan contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
MATERI PEMBELAJARAN
Bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
Perbedaan ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional
Contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara
Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing
METODE
Permainan (Game Kartu Berpasangan), Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang pembelaan negara
Tiap siswa dibneri kesempatan untuk memilih satu kartu soal- jawab yang telah disiapkan, yang berkenaan dengan materi bentuk-bentuk ancaman terhadap integritas NKRI
Seluruh siswa diminta untuk meninggalkan kelas (dapat dilakukan di teras kelas) dan diberi waktu sekitar 10 menit untuk mencari pasangannya masing-masing Siswa yang telah menemukan pasangannya di minta untuk masuk dalam kelas dan duduk bersisian menurut pasangannnya masing-masing.
Setelah semua siswa menemukan pasangannya dan masuk kelas, tiap pasangan secara bergantian diminta untuk tampil di depan kelas dan membacakan isi kartunya masing-masing, (Pasangan yang lain di minta untuk memperhatikan). Kegiatan ini dilanjutkan sampai seluruh pasangan selesai menampilkan dan membacakan isi kartunya. Bagi yang salah pasangan. (Soal dan Jawaban tidak sesuai), diberi sanksi yang telah disepakati sebelumnya).
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan tanya jawab
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang ancaman bagi NKRI.
Siswa menelaah dan menyimak buku paket, kuhusnya materi tentang ancaman yang bersifat tradisional dan non tradisional, dan mencatat hasilnya.
Kegiatan tanya jawab kelas yang dipandu oleh guru berkaitan dengan ancaman bagi NKRI baik yang bersifat tradisional maupun non tradisional.
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-3
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan secara umum mengenai tindakan-tindakan dalam upaya pembelaan negara.
Guru meminta kepada seluruh siswa untuk berdiskusi dengan teman duduknya masing-masing mengenai contoh-contoh tindakan yang menunjukkan upaya pembelaan negara dan mencatat hasilnya.
Selanjutnya setiap pasangan diminta menampilkan di depan kelas rumusan hasil diskusi mereka, dan pasangan yang lain diminta untuk memperhatikan dan mencermati hasil diskusi yang disampaikan di depan kelas.Kegiatan ini dilanjutkan sampai separuh jumlah pasangan telah menampilkan hasil rumusan mereka.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang untuk persiapan disklusi kelompok.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-4
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Menyiapkan kelas untuk kegiatan pembelajaran
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan menayangkan ngambar-gambar melalui layar OHP terntang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok berjumlah 4 – 5 siswa. Selanjutnya setiap kelompok menelaan melalui hasil pengamatan di lingkungannya dan berbagai buku sumber tentang partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya . Selanjutnya mendiskusikan dalam kelompoknya masing-masing hasil temuan mereka.
Setiap kelompok diminta tampil untuk mempresentasekan hasil diskusi kelompoknya melalui salah seorang perwakilan mereka dan kelompok lain diminta untuk menanggapi.
Kegiatan selanjutnya adalah guru memberikan klarifikasi mengenai partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
UUD 1945 yang telah diamandemen
UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
Artikel
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Kemukakan lima (5) bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia, menurut UU No. 3 Tahun 2002.
Sebutkan perbedaan antara ancaman yang bersifat tradisional dan ancaman yang bersifat non tradisional terhadap NKRI.
Jelaskan mengapa ancaman Non Tradisionil dapat membahayakan negara ?
Kemukakan empat (4) contoh keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara.
Tunjukkan empat (4) bentuk partisipasi warga negara dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya masing-masing.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 4 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah
KOMPETENSI DASAR : 2.1. Mendeskripsikan pengertian otonomi daerah.
INDIKATOR : - Mendefinisikan otonomi daerah
Menjelaskan hakekat otonomi daerah
Menjelaskan prinsip-prinsip otonomi daerah
ALOKASI WAKTU : 6 X 40 MENIT (3 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Belajar mengajar berlangsung, siswa dapat :
Mendefenisikan otonomi daerah
Menjelaskan hakikat otonomi daerah.
Menguraikan prinsip-prinsip otonomi daerah.
Mengidentifikasi hak dan kewajiban DPRD
Mengidentifikasi hak dan kewajiban kepala daerah.
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian otonomi daerah
Hakekat Otonomi Daerah
Asas-asas / Prinsip otonomi daerah.
Hak dan kewajiban DPRD
Hak dan kewajiban Kepala Daerah.
METODE
Ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Mengkaji UU No. 22 Th. 1999 dan UU No. 32 Th. 2004 tentang Pemerintahan Daerah
Mendiskusikan pengertian, dan hakikat, otonomi daerah
Siswa berperan aktif dalam kegiatan tanya jawab.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Mengkaji UU No. 22 Th. 1999 dan UU No. 32 Th. 2004 tentang Pemerintahan Daerah
Menguraikan prinsip-prinsip otonomi daerah
Menguraikan asas-asas otonomi daerah
Tanya jawab mengenai materi yang telah disampaikan.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-3
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Mengkaji buku teks tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan daerah.
Penjelasan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan kebijakan di daerah
Tanya jawab mengenai materi partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan-kebijakan di daerah
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
UUD 1945 yang telah diamandemen
UU No.22 Tahun 1999 jo. UU No. 32 Tahun 2004 tentang Otonomi Daerah
Artikel
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.
Bagian I
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Kemukakan defenisi otonomi daerah
Jelaskan tujuan diadakannya otonomi daerah
Sebutukan dan jelaskan asas-asas otonomi daerah
Uraikan manfaat dari adanya otonomi daerah
Jelaskan akibat (dampak negatif) dari adanya otonomi daerah
Bagian II
Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang pada alternatif yang benar diantara empat kemungkinan jawaban yang tersedia.!!
Peraturan yang mengatur tentang otonomi daerah yang berlaku sekarang adalah ....
UU No. 20 / 1980 b. UU No. 22 / 1999 c. UU No. 30/ 2003 d. UU No. 32 / 2004
Salah satu prinsip penyelenggaraan otonomi daerah adalah.............
Pemerataan b. Kesamaan c. Keselarasan
d. Partisipasi
Kewenangan daerah, mencakup kewenangan dalamseluruh bidang pemerintahan, kecuali...........
Peradilan b. Pembangunan c. Ekonomi d. Kesehatam
Menurut UUD 1945 Pasal 18 ayat (1), Pemerintah Daerah berhak menetapkan Peraturan Daerah dan peraturan-peraturan lain untuk melaksanakan.........................
Otonomi dan Tugas Pembantuan c. Otonomi daerah
Tugas Pembantuan d. Tugas Otonomi
Apabila kebijakan publik tidak menjamin adanya kepastian hukum dalam masyarakat, maka pelaksanaannya.....
Masyarakat langsung melakukan demonstrasi
Tidak menanggapi, karena tidak bersangkutan
Tetap mematuhi semua kebijakan publik
Kurang mendapat tanggapan dari masyarakat
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 5 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/I
STANDAR KOMPETENSI : 2. Memahami Pelaksanaan Otonomi Daerah
KOMPETENSI DASAR : 2.2. Menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah.
INDIKATOR : - Menguraikan pentingnya partisipasi masyarakat dalam perumusan kebijakan publik di daerah
Menganalisis konsekwensi tidak aktifnya masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik di daerah
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah Proses Belajar mengajar berlangsung, siswa dapat :
Menjelaskan hakikat kebijakan publik
Mengidentifikasi ciri-ciri kebijakan publik
Menyebutkan lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
Mengemukakan secara sistematis langkah-langkah perumusan kebijakan publik
Mengemukakan faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
Menunjukkand dampak negatif apabila warga negara tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik
MATERI PEMBELAJARAN
Hakikat kebijakan publik
Ciri-ciri kebijakan publik
Lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
Langkah-langkah perumusan kebijakan publik
Faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
Ddampak positif dan dampak negatif apabila wagra negara aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik
METODE
Ceramah bervariasi, tanya jawab dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat kebijakan publik
Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS.
Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep, hakikat dan ciri-ciri kebijakan publik
Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
Siswa mempresentasekan hasil tugas kelompok tentang hakekat dan ciri-ciri kebijakan publik.
Kegiatan Penutup
Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi oleh guru membuat rangkuman materi tentang hakekat dan ciri-ciri kebijakan publik.
Pos Test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan oleh guru.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang lembaga-lembaga yang mengeluarkan kebijakan publik
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
Tiap kelompok menelaah dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
Siswa mempresentasekan hasil tugas kelompok tentang lembaga-lembaga yang berhak mengeluarkan kebijakan publik
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-3
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang langkah-langkah perumusan kebijakan publik
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok beranggota 4-5 orang
Masing-masing kelompok membahas langkah-langkah perumusan kebijakan publik
Setiap kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, dan kelompok lain menanggapinya.
Klarifikasi dari guru terhadap langkah-langkah perumusan kebijakan publik.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-4
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan secara umum tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah.
Penjelasan umum tentang dampak positif dan dampak negatif warga negara yang aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, selanjutnya masing-masing kelompok mendiskusikan materi yang diberikan oleh guru.
Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, dan kelompok lain diminta untuk menanggapinya.
Klarifikasi dari guru tentang faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah serta dampak positif dan dampak negatif warga negara yang aktif dan tidak aktif berpartisipasi dalam perumusan kebijakan publik.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
UUD 1945 yang telah diamandemen
UU No32 Tahun 2004
Artikel atau guntingan koran untuk buat klipping.
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk pilihan ganda dan uraian.
Bagian I
Segala kebijakan, baik yang berkait dengan hukum, peraturan perundangan lainnya yang ditujukan untuk kepentingan masyarakat banyak dan dibuat oleh lembaga yang berwenang disebut.....
Kebijakan atasan b. Kepentingan kelompok c. Kebijakan publik d. Peraturan daerah
Perhatikan pernyataan di bawah ini
ditujukan untuk kepentingan umum
dibuat oleh yang berwenang
kebijakan yang berkaitan dengan hukum dan peraturan perundangan
ditujukan untuk kelompok tertentu
Dari pernyataan diatas, yang bukan ciri-ciri kebijakan publik adalah......
Nomor 1 b. Nomor 2 c. Nomor 3 d. Nomor 4
UU adalah kebijakan publik yang dikeluarkan lembaga .......
Presiden b. DPR c. Presiden dan DPR d. MPR
Perhatikan pernyataan di bawah ini................
evaluasi kebijakan publik
perumusan kebijakan publik
isu / masalah publik
penerapan kebijakan publik
Langkah-langkah perumusan kebijakan publik yang paling benar adalah........
3, 4, 2, 1
3, 2, 4, 1
3, 4, 1, 2
2, 1, 4, 3
Faktor eksternal (faktor dari luar) yang menyebabkan masyarakat tidak mau melaksanakan kebijakan publik di daerah adalah....
Masyarakat tidak tahu prosedur berpartisipasi
Masyarakat tidak mau tahu
Masyarakat telah terbiasa pada pola lama, yaitu pembuatan peraturan tanpa keterlibatan masyarakat
Adanya anggapan bahwa keterlibatan masyarakat justru akan memperlambat proses pembuatan kebijakan publik.
Di bawah ini adalah pernyataan yang menunjukkan konsekwensi akibat ketidak aktifan masyarakat dalam perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik, kecuali.....
Kebijakan publik yang dibuat tidak sesuai dengan kepentingan masyarakat
Kebijakan publik hanya menguntungkan kelompok atau golongan tertentu
Kebijakan publik dapat dimanfaatkan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.
Kebijakan publik yang dikeluarkan dapat mengayomi masyarakat
Bentuk kebijakan publik di daerah adalah...
UU b. Peraturan Pemerintah c. Peraturan daerah d. Peraturan Desa
Penyelesaian masalah, apakah akan dimasukkan dalam perumusan peraturan desa / daerah atau tidak berada pada tahap....
Penyusunan agenda b. Perumusan kebijakan c. Penetapan kebijakan d. Pelaksanaan kebijakan
Yang bukan merupakan dampak negatif yang dapat merugikan masyarakat akibat dari kebijakan publik adalah....
Perumusan kebijakan publik di daerah tidak memenuhi hak-hak rakyat secara menyeluruh
Kebijakan publik itu bisa jadi tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat
Kebijakan publik itu dapat tidak sejalan atau bahkan bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat
Kebijakan publik akan mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat
Pemeran tidak resmi dalam perumusan kebijakan publik adalah....
Warga negara atau individu b. DPD c. DPRD d. BPD
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 6)
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR : 3.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
INDIKATOR : - Menjelaskan makna globalisasi
- Menguraikan dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat.
ALOKASI WAKTU : 4 X 45 MENIT (4 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Menjelaskan pengertian globalisasi
Menjelaskan tujuan globalisasi
Menjelaskan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
MATERI PEMBELAJARAN
Pengertian globalisasi
Tujuan globalisasi
Pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia
METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang pengertian dan tujuan globalisasi
Siswa mengamati masuknya produk-produk luar negeri serta berita-berita internasional melalui media cetak dan media elektronik.
Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Tiap Kelompok beranggotakan 4 – 5 orang
Dengan menggunakan Metode Jig – Saw, setiap siswa diberi satu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang telah diberi nomor
Nomor yang sama berkumpul dalam satu kelompok, untuk membahas permasalahan yang ada dalam pertanyaan tersebut.
Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentase hasil diskusinya.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.
Siswa dibagi menjadi enam kelompok, dan masing-masing kelompok mendiskusikan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.
Setiap kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, sedangkan kelompok lain menanggapinya
Klarifikasi dari guru tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
UUD 1945 yang telah diamandemen
UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
Artikel
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Jelaskan pengertian globalisasi!
Sebutkan tujuan globalisasi!
Jelaskan pentingnya globalisasi bagi suatu bangsa!
Globalisasi dapat menjadi ancaman sekaligus peluang tergantung bagaimana menyikapinya. Berikan penjelasan!
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 7 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR : 3.2 Mendeskripsikan politik luar negeri dalam hubungan internasional di era globalisasi.
INDIKATOR : - Menjelaskan hakekat politik luar negeri bebas aktif
- Peranan Indonesia dalam percaturan Internasional
ALOKASI WAKTU : 8 X 40 MENIT (4 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas dan aktif
Menunjukan dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif
Membedakan ciri-ciri dan sifat politik luar negeri Republik Indonesia
Menyebutkan tujuan politik luar negeri RI
Menyebutkan sarana untuk melaksanakan politik luar negeri RI
Menjelaskan penyimpangan politik luar negeri RI pada masa orde baru
Menjelaskan pengertian hubungan internasional
Menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional
Menjelaskan arti hubungan diplomatik
Membedakan tugas / fungsi duta besar dan konsul
Menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.
MATERI PEMBELAJARAN
Arti politik luar negeri yang bebas dan aktif
Dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif
Ciri-ciri dan sifat politik luar negeri Republik Indonesia
Ttujuan politik luar negeri RI
Sarana untuk melaksanakan politik luar negeri RI
Penyimpangan politik luar negeri RI pada masa orde baru
Pengertian hubungan internasional
Arti pentingnya hubungan internasional
Aarti hubungan diplomatik
Perbedaan tugas / fungsi duta besar dan konsul
Peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.
METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat politik luar negeri bebas aktif
Melakukan studi pustakan diperpustakaan untuk mencari pengertian, dasar hukum, ciri-ciri dan sifat, tujuan serta sarana pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif.
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
Setiap kelompok diberi tugas yang berbeda
Setelah selesai masing-masing kelompok melakukan presentasi
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang sejarah politik luar negeri RI
Melakukan studi pustaka di perpustakaan mengenai sejarah politik luar negeri RI
Siswa diberi pertanyaan tentang sejarah politik luar negeri RI
Guru bertanya kepada siswa tentang tugas yang diberikan, siswa yang mampu bisa menjawabnya
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-3
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang hubungan internasional
Guru menjelaskan disertai tanya jawab tentang materi hubungan internasional
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-4
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang misi diplomatik dan peranan Indonesia di era pentingnya globalisasi
Kajian pustaka dengan menelaah tentang hubungan diplomatik, tugas duta besar dan konsul, peranan Indonesia di era globalisasi.
Siswa dibagi menjadi 6 kelompok
Menggunakan metode Jig – Saw, setiap siswa diberi suatu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang telah diberi nomor.
Nomor yang sama berkumpul dalam satu kelompok membahas permasalahan yang ada dalam pertanyaan tersebut.
Setelah selesai masing-masing kelompok melakukan presentase dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara, sedangkan kelompok lain menanggapinya
Klarifikasi dari guru tentang pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
UUD 1945 yang telah diamandemen
Artikel
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Jelaskan pengertian politik luar negeri bebas aktif.
Sebutukan dasar hukum politik luar negeri RI
Bedakan antara ciri-ciri dan sifat politik uar negeri RI
Sebutukan tujuan politik luar negeri RI
Sebutkan sarana untuk melaksanakan politik luar negeri RI
Jelaskan penyimpangan politik luar negeri RI pada masa orde baruJelaskan pengertian hubungan Internasional
Jelaskan pengertian hubungan Internasional
Kemukakan pentingnya hubungan internasional
Kemukakan perbedaan tugas duta besar dan konsul
Uraikan peranan Indonesia dalam upaya perdamaian dunia.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 8)
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : 3. Memahami dampak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
KOMPETENSI DASAR : 3.4 Menentukan sikap terhadap dampak globalisasi
INDIKATOR : - Menentukan sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
- Menentukan sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
Menjelaskan sikap positif terhadap dampak globalisasi diberbagai bidang kehidupan
Menjelaskan sikap negatif terhadap dampak globalisasi diberbagai bidang kehidupan
Memberikan contoh dampak positif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan
Memberikan contoh dampak negatif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan
MATERI PEMBELAJARAN
Sikap positif terhadap dampak globalisasi diberbagai bidang kehidupan
Sikap negatif terhadap dampak globalisasi diberbagai bidang kehidupan
Contoh dampak positif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan
Contoh dampak negatif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan
METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan konsep secara umum tentang hakekat politik luar negeri bebas aktif
Mebagi siswa menjadi 8 kelompok
Masing-masing kelompok mnendiskusikan materi untuk melaksanakan diskusi.
Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara.
Kelompok lain menanggapi.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum dampak positif dan negatif dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan.
Membagi siswa menjadi 8 kelompok
Masing-masiing kelompok mendiskusikan hasil temuannya yang didapat setelah mengumpulkan bahan untuk diskusi.
Setiap kelompok masing-masing melakukan presentasi dengan menunjuk satu orang sebagai juru bicara kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.
Klarifikasi guru terhadap konsekwensi dampak positif dan negatif dari blobalisasi.
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku materi PKn Kelas VII
UUD 1945 setelah amandemen
Sumber-sumber lain yang relevan
Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan kedua, sedangkan untuk pertemuan pertama penilaian dilakukan melalui kegiatan diskusi.
Uraian
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
Jelaskan dampak positif globalisasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
Jelaskan dampak negatif globalisasi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan sosial budaya!
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 9 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa
INDIKATOR : - Menjelaskan makna prestasi diri
Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi diri sendiri
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Menjelaskan Pengertian prestasi diri
2.Menjelaskan pentingnya prestasi diri
3.Menguraikan ciri-ciri yang memiliki motivasi prestasi diri
4.Menyebutkan faktor-faktor yang mempenngaruhi prestasi diri
5.Menyebutkan macam-macam prestasi diri
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian prestasi diri
2. pentingnya prestasi diri
3. Ciri-ciri yang memiliki motivasi prestasi diri
4. Faktor-faktor yang mempenngaruhi prestasi diri
5. Macam-macam prestasi diri
METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Penjelasan pengertian prestasi diri
Penjelasan prestasi diri
Penjelasan ciri-ciri yang memiliki motivasi prestasi diri
Tanya jawab dengan memotivasi siswa supaya lebih aktif
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan faktor-faktor yang mempengeruhi prestasi diri
Penjelasan macam-macam prestasi diri
Tanya jawab dengan memotivasi supaya siswa lebih aktif
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
Artikel
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Soal Uraian
I
jelaskan penegertian prestasi diri!
Jelaskan pentingya prestasi diri bagi amsa depan seseorang!
Sebutkan tiga ciri orang memiliki prestasi diri
sebutka tiga faktor dari laur yang mempengaruhi prestasi diri
Sebutkan tiga contoh prestasi di bidang akdemik!
II. Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang pada huruf di depan jawaban yang benar!
Hasil yang telah dicapai dari suatu kegiatan atau aktivitas yang dilakukan donamakan ....
a. Prestasi b. Potensi c. Kepandaian d. Ketrampilan
Prestasi dapat di capai melalui perjuangan yang disertai ...
a. modal yang kuat c. Motivasi yang tinggi
b. dorongan orang tua d. Biaya yang tinggi
3. Pentingnya prestasi diri bagi kehidupan adalah bahwa dengan memiliki prestasi yang tinggi maka seseorang akan dapat ....
a. mencakupi kebutuhan hidup c. Mudah mraih cita-cita
b. membahagiakan kedua orang tua d. Menghasikan banyak uang
4. Ciri orang yang memiliki motivasi berprestasi adalah ...
a. menghargai orang lain c. Memerintah orang lain
b. pantang menyerah d. Berani mengambil resiko
5. Faktor-faktor luar yang mempengaruhi prestasi seseorang adalah
a. Bakat b. Minat c. Gizi motivasi.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 10 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
KOMPETENSI DASAR : Mengenal potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan
INDIKATOR : - Pentingnya menggali potensi diri
- Mengidentifiaksi potensi diri masing-masing
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Menjelaskan Pengertian potensi diri
2 .Menyebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri
3. Menjelaskan pentingnya menggali potensim diri
4. Mengidentifikasi potensi diri masing-masing
MATERI PEMBELAJARAN
1. Pengertian potensi diri
2. Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri
3. Pentingnya menggali potensim diri
4. Potensi diri masing-masing Pengertian prestasi diri
C. METODE
Diskusi Kelas, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi dan penugasan
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Menjelaskan konsep secara umum tentang pentingnya menggali potensi diri masing-masing
Siswa dibagi menjadi 4 kelompok
Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan:
Pengertian potensi diri
Faktor yang mendorong pengembenngan potensi diri
Faktor yang menghambat pengembangan potensi diri
Pentingnya mengali potensi diri
d. Setelah selesai diskusi masing-masing kelompok diwakili juru bicara masing-masing mempresentasikan di depan kelas untuk ditanggapi oleh kelompok lainnya.
e. Klarifikasi dari guru dari pendapat masing-masing kelompok.
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang mengidentifikasi potensi diri masing-masing dan cara-cara mngeluarkan potensi diri.
Siswa secara individu diminta untuk mnegidentifikasi potensi diri masing-masinng dan kalau ada bukti bisa dicatat.
Siswa bisa menjelaskan cara-cara mengeluarkan/menerapkan potensi diri
Guru meminta beberapa siswa untuk membacakan bukti potnsi diri di depan kelas.
Klarifikasi guru tentang potensi diri dan cara mengeluarkanya
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
Artikel orang-orang berprestasi
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Jelaskan pengertian potensi diri!
Sebutkan faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri!
Jelaskan pentinngnya menggali potensi diri!
Sebutkan cara-cara mengeluarkan potensi diri!
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( 11 )
NAMA SEKOLAH : SMP KEBON DALEM
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
KELAS/SEMESTER : IX/II
STANDAR KOMPETENSI : Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
KOMPETENSI DASAR : -Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
INDIKATOR : -Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa
ALOKASI WAKTU : 4 X 40 MENIT (2 X Pertemuan)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Menunjukkan contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri
2.Menunjukkan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri
3.Menunjukkan contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa
4Menunjukan upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa
MATERI PEMBELAJARAN
1. Contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri
2. Upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri
3. Contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa
4. Upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa Faktor-faktor yang mendorong dan
E. METODE
Inkuiri, Tanya Jawab dan Ceramah Bervariasi dan diskusi
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke-1
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
- Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
- Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan inti
Secara berkelompok siswa mwnginventarisasi berbagai aktivitas dalm kehidupan sehari-hari
Memilah aktifitas-aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri
Mendiskusikan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
Mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing kemudian ditanggapi oleh kelompok yang lain.
Klarifiaksi oleh guru terhadap hasil diskusi.
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi.
Post Test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang akan datang
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan Ke-2
NO
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran( absensi, kebersihan kelas)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang lalu dan yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang ingin dicapai.
Kegiatan Inti
Dalam kelompok yang sudah terbentuk siswa mencari contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa dari media masa.
Mendiskusikan upaya-upaya agar prestasi diri dapat menunjang keunggulan bangsa.
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompokya masing-masing kemudian ditanggapi oleh kelompok lainnya.
Klarifikasi oleh guru terhadap hasil diskusi siswa.
Kegiatan Penutup
Siswa dan guru bersama-sama menyimpulkan materi .
Post test
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru.
10 menit
60 menit
10 menit
SUMBER BELAJAR
Buku Paket PPKN Kelas IX
Artikel orang-orang berprestasi
Buku-buku (sumber) lain yang relevant.
PENILAIAN
Penilaian dilakukan sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan ke empat. Sedangkan untuk pertemuan ke -1 s.d 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawabdi kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas. Adapun tekhnik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk uraian.
Petunjuk : Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan ringkas dan tepat !!
Sebutakn tiga (3) contoh aktivitas yang dapat mewujudkan potensi diri!
Jelaskan upaya yang dapat dilakukan untuk dapat mencapai prestasi diri!
Berikan tiga (3) contoh prestasi diri yang berkaitan dengan akademik!
Berikan tiga (3) contoh prestasi diri dalam bidang olah raga!
Jelaskan upaya apa yang kamu lakukan untuk dapat mewujudkan prestasi dalam rangka menjunjung keunggulan bangsa!
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar