Jumat, 13 Maret 2009

RPP PKn Kelas VII

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII / satu
Standar Kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Indikator :
Menjelaskan hakekat norma
Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
Menguraikan macam-macam norma
Alokasi Waktu : 8 x 40 menit ( 4 X pertemuan )
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat :
Menjelaskan pengertian norma
Menjelaskan tujuan norma
Menjelaskan fungsi norma
Menguraikan macam-macam norma
Menganalisis hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat
Menganalisis perbedaan norma kesusilaan, kemasyarakatan, agama dan hukum dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan sanksinya
Materi Ajar
Pengertian norma
Tujuan norma
Fungsi norma
Macam-mcam norma
Hubungan norma, kebiasaan, adat istiadat dan peraturan
Sumber-sumber norma
Kekuatan mengikat norma
Sanksi norma
Metode
Ceramah bervariasikan tanya jawab, inquiry, penugasan, dan diskusi kelas
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
Pendahuluan ( 10 menit )
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma yang ada di masyarakat
Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam msyarakatyl, khususnya sub tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat .
Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sejarah perkembangan norma; tujuan dan kegunaan norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat
Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sejarah perkembangan norma; tujuan dan fungsi norma serta macam-macam norma yang ada di masyarakat
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Pertemuan 2
Pendahuluan ( 10 menit )
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok norma-norma dalam masyarakat, khususnya sub tentang macam-macam norma yang ada dalam masyarakat
Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Pertemuan 3
Pendahuluan ( 10 menit )
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada dalam masyarakat
Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok sumber-sumber norma dan kekuatan mengikat norma yang ada dalam masyarakat
Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan sumber-sumber dan kekuatan mengikat norma, yang ada dalam masyarakat
Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang sumber, sanksi, dan ruang lingkup norma-norma yang ada dalam masyarakat
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Pertemuan 4
Pendahuluan ( 10 menit )
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajaran tentang pelaksanaan sanksi terhadap pelaku pelanggaran norma yang ada dalam masyarakat
Siswa mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
Siswa menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan siswa.
Siswa membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mengerjakan dan menjawab berbagai pertanyaan yang ada dalam LKS
Siswa menerima LKS yang dibagikan guru
Kegiatan Inti ( 60 menit )
Siswa membaca dan mendiskusikan serta mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKS
Siswa dengan difasilitasi oleh guru mendiskusikan dan membahas LKS
Siswa menyimak dan mencermati uraian materi pokok jenis-jenis sanksi yang diberikan terhadap pelanggar norma
Siswa dengan difasilitasi guru, mengerjakan dan mendiskusikan soal-soal yang ada dalam buku siswa dan LKS
Siswa menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi terhadap pelanggar norma yang ada dalam masyarakat
Siswa berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
Siswa mengerjakan tugas-tugas kelompok
Siswa mempresentasikan hasil tugas kelompok.
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
Siswa dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat rangkuman materi tentang jenis-jenis dan pelaksanaan sanksi bagi pelanggar norma yang ada dalam masyarakat
Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
Alat/Sumber Belajar
Buku teks siswa kelas VII
Buku Pengayaan siswa kelas VII
Contoh norma,
Gambar -gambar
artikel/berita di media massa
Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis diberikan setelah pertemuan keempat. Sedangkan untuk pertemuan ke-1 s.d. 3 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanya jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi, dan mengerjakan tugas-tugas.
Adapun teknik penilaian yang digunakan adalah tes tertulis dengan bentuk tes uraian dan pilihan ganda,
Bagian I
Pilihlah salah satu jawaban di bawah ini dengan cara memberi tanda silang (X) pada alternatif yang benar atau paling benar di antara empat kemungkinan jawaban yang tersedia!
Bila Anda berbicara tentang kualitas kebaikan seseorang, maka yang dimaksud hal itu adalah......
materi
norma
nilai
moral
Materi nilai kesatuan, kerukunan dan tanggung jawab, termasuk ke dalam norma..........
agama
hukum
sosial
kesopanan
Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal dinamakan norma
kesusilaan
kemasyarakatan
agama
kesopanan
Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan lainnya adalah, manusia dikaruniai….
bentuk fisik yang sempurna
rasa malu
akal pikiran
hari nurani
Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan menggunakan….
nalurinya
daya pikirannya
rasa estetikanya
etika dan khayalannya
Dalam mewujudkan hasrat dan cita-citanya setiap individu manusia akan dihadapkan kepada….
kepentingan orang lain
norma yang ada dalam masyarakat
penguasa setempat
saingan usahanya
Pada hakekatnya manusia mempunyai dua hasrat, yaitu ingin….
bahagia dan jaya
dihormati dan terhormat
menjadi satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya
sempurna dan bahagia
Kaidah hidup yang paling tua adalah norma….
kesusilaan
adat atau kemasyarakatan
agama
hukum
Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya dinamakan kaidah….
kesusilaan
adat atau kemasyarakatan
agama
hukum
Manakah di antara kaidah hidup di bawah ini yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akherat?
kesusilaan
adat atau kemasyarakatan
agama
hukum
Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan….
kepastian hukum
ketertiban dalam masyarakat
keadilan sosial
kebahagiaan bagi masyarakat
Sekalipun di masyarakat telah ada dan berkembang kaidah/norma hidup, namun dalam pelaksanaannya manusia masih memerlukan norma hukum. Hal ini dikarenakan….
setiap manusia ingin berusaha untuk berbuat yang terbaik badi dirinya
semua kepentingan manusia telah terwadahi dalam ketiga norma
tidak semua orang mentaati norma yang ada
kepentingan setiap orang berbeda-beda
Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu….
sudah ditentukan terlebih dahulu
tegas dan keras
tidak memandang siapa yang bersalah
dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
Manakah di antara perbuatan di bawah ini yang bisa dikatagorikan bentuk pelanggaran terhadap keempat norma yang ada dalam masyarakat ?
mencuri
memberikan warisan kepada pihak perempuan saja
memfitnah
menghina tetangga
Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk....
menegakkan keadilan
menegakkan kebenaran
menciptakan ketertiban
mewujudkan kebersamaan
Bagian II
Jawablah semua pertanyaan di bawah ini dengan singkat, jelas dan tepat!
Jelaskan hakekat norma yang berlaku dalam masyarakat
Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Uraikan macam – macam norma yang berlaku dalam masyarakat
Jelaskan perbedaan norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat dan jenis sanksi yang diberikan kepada pelanggarnya!
Berikan contoh perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yosef Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I
Standar kompetensi : 1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Kompetensi Dasar : 1.2 Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga
negara
Indikator
Menjelaskan pengertian hukum
Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat, bentuk dan isinya
pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
Menunjukkan kepatuhan ter hadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu : 6 X 40 menit (3 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum dengan tepat
2. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya
3. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut bentuknya
4. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut isinya
5. Siswa dapat menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
6. Siswa dapat menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7. Siswa dapat memberikan contoh perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan
sehari-hari
B. Materi Pembelajaran
1. pengertian hukum dengan tepat
2. pembagian hukum menurut sifatnya
3. pembagian hukum menurut bentuknya
4. pembagian hukum menurut isinya
5. pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
6. tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara
7. memberikan contoh perilaku patuh terhadap hukum dalam kehidupan sehari-hari
C. Metode
Ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan IntiKajian Pustaka
Penjelasan konsep tentang pengertian hukum dikaitkan
dengan perilaku manusia dalam hidup bermasyarakat
b. Membagi siswa menjadi 8 kelompokc. Masing-masing kelopompok diberikan tugas untuk
menelaah melalui kajian pustaka, mengenai
pembagian hukum menurut fungsinya, bentuknya serta
hukum menurut isinya.
d. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil telaahanya
e. Kelompok lain menanggapinyaf. Klarifikasi dari guru tentang pemahaman pemahaman pembagian hukum
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi yang sudah
dipelajari
b. Mengadakan post test
c. Memberi tugas rumah secara berkelompok guna mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku, berkaitan dengan pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.Tujuan dan fungsi ditetapkanya hukum dalam suatu negara
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia Masing-masing kelompok diberikan kesemptan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
b. Kelompok lain menanggapinyac. Klarifikasi dari guru tentang materi yang telah
didiskusikan oleh masing-masing kelompok
Penutupa. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi yang sudah
dipelajari
b. Mengadakan post testc. Memberikan tugas kelompok di luar kelas guna
mempersiapkan materi yang akan datang berupa laporan hasil pengamatan tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh siswa dalam rentang waktu satu minggu!
10 menit
70 menit
10 menit
Pertemuan 3
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang telah dan akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia. Penjelasan tentang pelaksanaan diskusi kelompok b. Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil
pengamatanan di sekolah tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh siswa
c. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil pengamatannya
e. Kelompok lain menanggapinyaf. Klarifikasi dari guru tentang dampak pelanggaran terhadap tata tertib sekolah
Penutupa. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi yang sudah
dipelajari
b. Mengadakan post testc. Memberi tugas rumah guna mempersiapkan materi yang
akan datang berupa telaah buku di rumah masing- masing secara individual berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi dasar yang akan dipelajari
10 menit
70 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks Siswa kelas VII
Perilaku siswa dan guru
Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat.
Jelaskan pengertian hukum
Jelaskan pembagian hukum menurut:
sifatnya
bentuknya
isinya
Jelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan bernegara
Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat) alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Alasan masyarakat memerlukan norma hukum,adalah….
ingin berbuat yang terbaik bagi dirinya
belum semua kejawaban yang tersediapentingan terwadahi dalam norma yang lain
tidak semua orang mentaati norma yang ada
hendak mewujudkan kepastian hukum
Contoh-contoh berikut yang termasuk kepada peristiwa perdata adalah...
pembagian harta waris
melakukan penghinaan terhadap orang lain
terjadi pemukulan terhadap pencuri
tidak melaporkan kejahatan yang pernah dilihatnya
Perbedaan norma hukum dengan norma lainya dalam masyarakat, yaitu norma hukum....
Dibuat oleh negara
Berlaku bagi masyarkat tertentu
Sanksi tidak begitu tegas
Tergantung kepada keinginan masyarakat
Ditangkap dan dipenjarakan adalah contoh sanksi dari norma.....
Hukum
Agama
Kesopanan
Adat
Berikut ini yang tidak termasuk hukum publik adalah hukum.....
Perdata
Pidana
Tata negara
Administrasi negara
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I
Standar kompetensi :1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
Kompetensi Dasar : 1. 3 Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istia
dat dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bermayarakat, berbangsa dan bernegara
Indikator
Memberikan contoh penerapan norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara
siswa dengan personil sekolah, antar sesama siswa
2. Memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga
3. Memberikan contoh penerapan norma hukum di lingkungan sekolah
4. Memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
B. Materi Pembelajaran
1. Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara
siswa dengan personil sekolah, antar sesama siswa
2. Contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga
3. Contoh penerapan norma hukum di lingkungan sekolah
4. Contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
C. Metode
Ceramah bervariasi, bermain peran, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia. Membagi siswa menjadi 8 kelompokb. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk
Memerankan penerapan norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah maupun masyarakat. Dalam norma kesopanan misalnya dalam berbicara, menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainya. Dalam norma hukum misalnya memerankan orang yang melanggar hukum, dan akibatnya. (misal jika merokok, narkoba dan lainya). Kemudian memberikan solusi yang tepat menurut norma hukum. Peristiwa yang diperankan supaya menarik minat dalam KBM diupayakan yang seaktual mungkin
c. Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
memerankan adegan penerapan norma tersebut selama 7 menit
e. Kelompok lain menanggapinya
10 menit
60 menit
3.
Penutupa.Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok
memberikan reflexsi terhadap peran yang telah
ditampilkan.
b. Mengadakan post testc. Memberi tugas rumah secara berkelompok guna
mempersiapkan materi yang akan datang berupa
kliping dari surat kabar tentang akibat jika melanggar
norma yang berlaku dalam masyarakat ( norma
kesopanan, norma agama, norma hukum)
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk
mempresentasikan hasil tugasnya
b. Kelompok lain menanggapinyac. Klarifikasi dari guru tentang materi yang telah
dipresentasikan oleh masing-masing kelompok
Penutupa. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok
memberikan reflexsi terhadap materi yang telah
ditampilkan oleh masing masing kelompok
b. Mengadakan post testc. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan
dipelajari pada minggu berikutnya
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks Siswa kelas VII
Perilaku siswa dan guru
Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
1. Penilaian Diskusi
No
Nama Siswa
Keaktifan
Pemahaman
Kerjasama
Jumlah
1
2
dst
Keterangan
Aspek keaktifan diberi nilai maksimal = 40 , minilal = 10
Aspek pemahaman diberi nilai = 40, minimal = 10
Aspek kerja sama diberi nilai maksimal = 20, minimal = 10
Penilaian terhadap hasil kerja
No
Nama Siswa
Kesesuai materi dengan tugas
Komentar terhadap materi
Kerapihan
/penampilan
Jumlah
1
2
dst
Keterangan
Aspek kesesuaian materi maksimal = 40 , minilal = 10
Aspek komentar = 40, minimal = 10
Aspek kerapihan/penampilan = 20, minimal = 10
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan
Indikator
Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalammencapai kemerdekaan
Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1.Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik
proklamasi kemerdekaan
2. Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
3. Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
B. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
2. Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
3. Pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan
C. Metode
Tanya jawab, diskusi, inkuiri, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908
Kajian pustaka dengan menelaah serbagai sumber (buku) yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan
Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang
Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda berdasarkan masalah yang telah disiapak guru
Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
Masing-masing kelompok melaporkan secara tertulis hasil
diskusi
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
diskusi
b. Post test sebagai unpan balik
c. Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk
mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah
diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia. Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
dilaksanakan dilanjutkan dengan pembagian kelompok
( menjadi 5 Kelompok )
b. Masing-masing kelompok mendiskusikan pertanyaan
pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan semangat
proklamasi kemerdekaan.
c. Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya,
sementara kelompok lain menanggapi.
Penutupa. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru
diakhiri dengan penguatan
b. Post testc. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai sakasi hidup Pahlawan Kemerdekaan. !
10 menit
70 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
Buku-buku Teks Resmi tentang Proklamasi
Artikel-artikel, Teks Proklamasi
UUD 1945
Foto pahlawan
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan ke-2, sedangkan untuk pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanyan jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam melaksanakan tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian berstruktur.
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat !
Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan !
Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia !
Meengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting bagi generasi muda ?
Contoh soal-soal tes lisan dalam proses pembelajaran
Siapakakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam peristiwa detik-detik proklamasi !
Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh pahlawan kemerdekaan kepada kita ?
Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah merdeka ?
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.2. Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama
Indikator : - Menjelaskan suasana sidang PPKI tanggal 18 agustus 1945
- Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus
1945
Alokasi waktu : 2 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menjelaskan dengan singkat suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
2. Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
B. Materi Pembelajaran
1. Suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
2. Hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
C. Metode
Tanya jawab, diskusi, inkuiri, penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
b. Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar ( buku, artikel, naskah pidato ) tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
c. Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
d. Mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis
Penutup :
1. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi
2. Post tes sebagai unpan balik bagi guru
3. Tindak lanjut dengan memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a .Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber ( buku teks siswa ) tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
b. Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
c. Siswa dengan difasilitasi guru, berusaha mengklarifikasi tentang hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
d. Siswa mengerjakan tugas-tugas individu
Penutup
a. Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentang suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan hasil-hasilnya.
b. Mengadakan post tes
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks Siswa kelas VII
UUD 1945
Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
Artiel-artikel, teks Proklamasi
Nara sumber ( saksi hidup )
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian tertulis dilaksanakan setelah selesai pertemuan ke-2, sedangkan untuk pertemuan ke-1 penilaian lebih ditekankan melalui kegiatan tanyan jawab di kelas, aktivitas siswa saat diskusi dan dalam melaksanakan tugas. Teknik penilaian adalah tes tertulis berbentuk uraian berstruktur.
Soal Uraian :
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
Contoh soal lisan selama dalam proses pembelajaran :
Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki pemipimpin ( presiden ) ?
Perlukan NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
Lembaga negara apakah yang berwenang memilih pemimpin ( presiden ) dan menetapkan konstitusi untuk yang pertama kali ?
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.3 Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945
Indikator
Menjelaskan makna proklamasi bagi bangasa Indonesia
Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
Alokasi waktu : 2X 40 menit (1 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1. Menjelaskan makna proklamasibagi bangsa Indonesia
2. Menjelaskan hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
B. Materi Pembelajaran
1. Makna proklamasibagi bangsa Indonesia
2. Hubungan antara proklamasi dngan UUD 1945
C. Metode
Ceramah berpariasi, diskusi
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah tahun 1908
Kajian pustaka dengan menelaah teks proklamasi
Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri dari 5 orang
Masing-masing kelompok membahas mendiskusikan makna proklamasi dan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi oleh kelompok lain
Guru melakukan pelurusan dan pembenaran materi
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
diskusi
b. Post test sebagai unpan balik
c. Reflexi dan Tindak lanjut dengan pemberian tugas untuk
mempersiapkan materi berikutnya
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
Buku-buku Tkas Resmi tentang Proklamasi
Artikel-artikel, Teks Proklamasi
Naskah Pidato sidang PPKI
Nara Sumber ( Saksi Sejarah yang masih hidup )
UUD 1945
F. Penilaian
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat !
Jelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
Jelaskan hubungan antara proklamasi dengan pembukaan UUD 1945
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / I
Standar kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi Dasar : 2.4. Menunjukkan si kap positif terha dap makna prok lamasi
kemerde kaan dan suasa na kebatinan konstitusi pertama
Indikator : menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi
kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. Menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
2. Menunujkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3. Menunujkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
4. menunujkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
B. Materi Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
2. Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan
3. Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai 45 (semangat perjuanganya)
4. Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan
C. Metode
Ceramah bervariasi , penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang telah diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencaai kemerdekaan.
b. Guru memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
c. Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi
d. Guru memberikan pelurusan.
e. guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian erhadap kemerdekaan yang dirasakannya
Penutup :
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang elah dilakukan
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a . Guru menjelaskan kembalsecara singkat tentang nilai-nilai 45 an hubunganya dengan kehidupan masa kini
b. guru membagi kelas menjaqdi 8 kelompok
c. tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai 45 dalam mengisikemerdekaan
d. Beberapa kelompok mempresentasikan hail diskusi
e. Kelomok lain menanggapi
f. Guru memberikan pelususan
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi pemblajran
b. siswa mengisi kuisioner: Ceklist (V)
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks Siswa kelas VII
UUD 1945
Buku-buku litelatur yang berissi tentang Proklamasi
Artiel-artikel, teks Proklamasi
F. Penilaian
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO
PERNYATAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia
2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja
3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden
4
UUD 1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI
5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945
Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / 2
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar : 3.1 Menguraikan hakikat, hukum dan kelembagaan HAM
Indikator
Menjelaskan pengertian HAM
Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia
Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM
Menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional
Alokasi waktu : 6 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
1.Menjelaskan pengertian HAM
2. menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia
3. menyebutkan lembaga perlindungan hukum di Indonesia.
4. menjelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian HAM
2. Dasar Hukum Penegakan HAM di Indonesia
3. Lembaga-lembaga Perlindungan HAM di Indonesia
4. Latar Belakang Lahirnya Perundang-undangan HAM Nasional
C. Metode
Tanya jawab, diskusi,ceramah bervariasi, dan penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapaiKegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang arti/pengertian HAM yang ada dalam NKRI dikaitkan dengan HAM yang ada di sekitar siswa tinggal.
Kajian pustaka dengan menelaah UUD 1945 pada pasal 28A sampai 28J dan UU No. 39 Tahun 1999.
Membagi siswa menjadi 8 kelompok.
Menginstruksikan siswa untuk berdiskusi, setelah mendengar, menelaah tentang UUD 1945 pasal 28A sampai dengan 28J dan UU No. 39 Tahun 1999.
Guru meminta pendapat siswa tentang pengertian HAM, dan UUD 1945 pada pasal 28A, UU No. 39 Tahun 1999
Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusi.
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil diskusi
b. Post test sebagai unpan balik
c. Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk mempersiapkan diskusi minggu berikutnya dengan membuat resume tentang pengertian HAM, UUD 1945, dan UU No. 39 Tahun 1999..
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan dan mengkaitkannya dengan materi tentang lembaga perlindungan HAM yang ada di Indonesia.c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia Penjelasan konsep secara umum tentang lembaga perlindungan hukum di Indonesia
b. membagi siswa menjadi 8 kelompok
c. masing-masing kelompok mendiskusikan materi
d. Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk
salah seorang sebagai juru bicara.
e. kelompok lain menanggapinya.
f. Klarifikasi dari guru tentang tata cara presentasi, dan tanggapan yang baik dalam membahas tentang lembaga perlindungan HAM di Indonesia.
Penutupa. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post testc. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi yang akan datang dengan membaca dan menelaah kajian pustaka , buku-buku PKn.
10 menit
70 menit
10 menit
Pertemuan 3
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan dan mengkaitkannya dengan materi yang akan diajarkan..c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia Penjelasan konsep secara umum tentang latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional.
b. Guru menunjuk kelompok diskusi yang sudah dibentuk untuk mendiskusikan tentang latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM nasional.
c. Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk salah seorang sebagai juru bicara.
d. Kelompok lain menanggapinya.
Penutupa. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post testc. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah.
10 menit
70 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
Buku UUD 1945
UU No. 39 Tahun 1999
F. Penilaian
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat) alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Berikut ini merupakan instrumen HAM nasional, kecuali.....
KOMNAS HAM
Pengadilan HAM
UU No. 22 Tahun 1999
UU No. 39 Tahun 1999
Lahirnya perundang-undangan HAM nasional terutama didorong untuk keperluan...........
a. mencegah berkembangnya paham individualisme.
b. Mengembangkan dan memenuhi tuntutan masyarakat internasional
c. Mengembangkan hak-hak warga negara agar sederajat dengan bangsa-bangsa lain.
d. Melindungi warga negara dari kesewenang-wenangan yang dilakukan penguasa maupun pihak lain.
Dalam menjalankan fungsinya, KOMNAS HAM berperan .......
melakukan penelitian berbagai instrumen HAM nasional
menyelidiki perkara HAM melalui cara konsultasi, negosiasi, konsiliasi, dan penilaian ahli.
Menyebarkan wawasan mengenai HAM kepada keluarga, masyarakat saja.
Mengamati pelaksanaan HAM dan menyusun laporan hasil pengamatan tersebut.
Berikut ini merupakan dasar hukum HAM kecuali.........
UU No. 20 Tahun 1997
UU No. 8 Tahun 1998
UU No. 32 Tahun 2004
UU No. 39 Tahun 1999
Lahirnya perundang-undangan HAM nasional terutama dilatar belakangi oleh hal-hal berikut, kecuali........
komitmen untuk melaksanakan UDHR
desakan masyarakan untuk lebih mengembangkan kehidupan yang demokratis,
melaksanakan amanat Tap MPR No. XVII/MPR/1998 tentang HAM,
supaya hak asasi manusia perorangan tergeser oleh paham kekeluargaan.
Soal-soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat.
Jelaskan pengertian HAM?
Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM yang ada di Indonesia.
Jelaskan latar belakang lahirnya perundang-undangan HAM Nasional.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / 2
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar :3.2 Mendeskripsikan kasus pelanggar an dan upaya penegakkan HAM
Indikator
Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat
Mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
2. menganalisis pelanggaran ham di lingkungan sekolah.
3. menjelaskan kasus-kasus pelanggaran HAM di masyarakat.
4. mengemukakan cara-cara penanganan pelanggaran HAM.
B. Materi Pembelajaran
Kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
Perlindungan dan Penegakan HAM.
C. Metode
Ceramah bervariasi, penugasan, telaah buku.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang bagaimana menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan tentang pelaksanaan kegiatan : yakni memecahkan masalah pelanggaran HAM dilingkungan keluarga (lingkungan masing-masing)
b. Penayangan gambar kasus pelanggaran HAM oleh aparat keamanan dan konflik pemekaran Papua.
c. Siswa menjawab pertanyaan mengapa perlu memberi tanggapan terhadap pelanggaran HAM di negara kita.
d. Mengekspresikan tanggapan tanggapan dalam bentuk tulisan/gambar.
e. secara berkelompok, siswa membaca uraian kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
f. siswa mengemukakan ntanggapan terhadap uraian dan gambar kasus-kasus pelanggaran HAM di Indonesia.
10 menit
60 menit
3.
Penutup
a. Siswa membuat kesimpulan tentang pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan keluarga, sekolahn dan masyarakat.
b. Siswa melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c. Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk membaca materi pelajaran yang akan datang.
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan, kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan secara lisan tentang cara-cara menangani pelanggaran HAM dan mengaitkannya dengan materi yang sudah diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
d. kelas dibagi menjadi 8 kelompok.
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang cara-cara penanganan pelanggaran HAM.
Siswa menganalia beberapa kasus pelanggaran HAM dan cara-cara menanganinya secara berkelompok.
C. Presentasi hasil analisa oleh masing-masing kelompok.
d. Kelompok lain menanggapinya
c. larifikasi dari guru tentang materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok
Penutup
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil pengamatan gambar palanggaran HAM.
Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil kelompok memberikan reflexsi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing masing kelompok Mengadakan post tes
Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
1. Buku materi PKn kelas VII
2. UUD 1945
3. UU No. 39 Tahun 1999
4. Koran Bekas atau baru yang menyajikan kasus pelanggaran HAM.
F. Penilaian
I. Tes Lisan
Daftar pertanyaan;
Apakah yang dimaksud pelanggaran HAM itu?
Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di lingkungan keluarga, masysrakat,dan di sekolah!
II. Tugas
Buatlah kliping dari surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM!
Lakukan wawancara kepada anggota kepolisian setempat tentang upaya yang dilakukannya dalam menangani kasus pelanggaran HAM yang terjadi di wilayahnya.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / 2
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar : 3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM
Indikator
Menguraikan peranan lembaga perlindungan HAM
Menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM
Alokasi waktu : 6 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan proses pembelajaran diharapkan siswa dapat :
1. Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
2. menguraikan peranan lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
3. menyebutkan pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM
B. Materi Pembelajaran
1. Lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
2. Peranan lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia
3. Pasal-pasal dalam UUD 1945 hasil perubahan yang berkaitan dengan HAM
C. Metode
Tanya jawab, diskusi,ceramah bervariasi,
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Guru mempersilakan siswa untuk menelah teks UUD 1945 dan buku referensi lain yang sesuai.
b. Guru memberikan ulasan tentang lembaga-lembaga perlindungan HAM di Indonesia disertai tanya jawab.
Guru membagi kelas menjadi 8 kelompok diskusi
Siswa melakukan diskusi berikut:
kelompok 1. membahas peranan komnas HAM.
Kelompok 2. membahas peranan komda HAM
Kelompok 3. membahas peranan POLRI
Kelompok 4. membahas peranan Kejaksan
Kelompok 5. membahas peranan Peradilan
Kelompok 6. membahas peranan Lembaga Pemasyarakatan
Kelompok 7. membahas peranan membahas peranan LBH
Kelompok 8. membahas peranan LSM.
e. Kelompok 1dan 2 maju bergantian untuk mempresentasikan hasil diskusinya, yang lain menanggapi.
f. Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi.
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan materi
pembelajaran.
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan dan mengkaitkannya dengan materi tentang lembaga perlindungan HAM yang ada di Indonesia.c. Informasi kegiatan diskusi lanjutan
Kegiatan Inti
a. siswa kembali ke kelompoknya, melanjutkan proses diskusi.
b. setiap kelompok melakukan presentasi secara bergiliran mulai kelompok 3,4,5,6,7, dan 8.
c. Guru mengadakan pelurusan.
10 menit
70 menit
10 menit
Pertemuan 3
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan dan mengkaitkannya dengan materi yang akan diajarkan..c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia siswa menelaah buku teks dan UUD 1945 hasil perubahan.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk untuk menganalisis pasal-pasal UUD 1945 yang berkaitan dengan HAM danmengomentari bunyi pasal- pasal tersebut.
c. Secara acak, guru meminta kelompok untuk menyebutkan pasal-pasal tentang HAM dan mengomentari bunyi pasal-pasal tersebut Setiap kelompok melakukan presentasi dengan menunjuk salah seorang sebagai juru bicara.
d. Kelompok lain menanggapinya.
Penutupa. Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post testc. Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah.
10 menit
50 menit
10 menit
E. Sumber belajar
Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
Buku UUD 1945
UU No. 39 Tahun 1999
F. Penilaian
Soal Pilihan Ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat) alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Yang bukan merupakan hak asasi manusia yang pokok berikut ini adalah........
a. hak untuk berkumpul
b. hak hidup
c. hak kemerdekaan
d. hak memperoleh kebahagiaan
2. Hak berserikat dan berkumpul serta mengeluarkan pendapat tercantum dalam UUD 1945 pasal............
a. 28E ayat 1
b. 28E ayat2
c. 28 ayat 3
d. 28D ayat 4
3. Pasal 28A UUD 1945 menyebutkan bahwa setiap orang berhah untuk hidup, sertaberhah mempertahankan hidup dan ..........
a. kemerdekaan
b. kehidupan
c. ketentraman
d. keinginan.
4. Setiap orang berhak atas status kewarga negaraan. Hal ini ditegaskan dalam UUD 1945 .pasal......
a. 28D ayat 1
b. 28D ayat 4
c. 28G ayat 1
d. 28G ayat 2.
5. Berdasarkan pasal 28J, setiap orang......
a. berhak menghormati orang lain
b. membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan
c. wajib menghormati hak asasi orang lain.
d. bebas memiliki hak yang seluas-luasnya.
6. lembaga resmi yang bertujuan meningkatkan perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia adalah.....
a. Pengadilan
b. DPR
c. POLRI
d. Komnas HAM.
7. Tugas dan wewenang Komnas HAM adalah.........
a. mengamati pelaksanaan HAM
b. mewujudkan lembaga yang mandiri dan profesional
c. membantu menyelesaikan pelanggaran HAM di masyarakat.
d. mengadakan pengkajian, penelitian, dan penyuluhan tentang HAM
8. Komnas HAM berjkedudukan di ..........
a. Jakarta
b. Kabupaten
c. Provinsi
d. Kecamatan
9. Berikut ini termasuk lembaga perlindungan dan penegakan HAM selain KOMNAS HAM, kecuali.......
a. Kejaksaan RI
b. POLRI
c. Pengadilan HAM
d. Perusahaan Nasional.
10. Ketua komnas Perlindungan anak sekarang ini dijabat oleh.......
a. Seto Mulyadi
b. Mutia Hatta
c. Yusril Ihza Mahendra
d. Hamid Awaludin
SOAL URAIAN
Uraikan secara ringkas dan jelas lembaga-lembaga perlindungan HAM berikut ini
1. Komnas HAM
2. Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
3. Pengadilan HAM
4. Komisi untuk orang hilang dan Tindak Kekerasan.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / 2
Standar kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan
penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM)
Kompetensi Dasar :3.4 Menghargai upa ya penegakkan HAM
Indikator
Menunjukkan sikap positif terhadap upaya penegakkan HAM di wilayahnya
Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakkan dan perlindungan HAM di wilayahnya
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. menyebutkan minimal 5 kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. menyebutkan jenisjenis kasus pelanggaran HAM di masyarakat
3. menunjukan bentuk-bentuk partisipasi msyarakat dalam ikut penegakan HAM
4. menyebutkan upaya-upaya penegakan dan perlindungan HAM oleh lembaga perlindungan HAM
5. Menampilkan sikap positif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya
B. Materi Pembelajaran
1. Kasus pelanggaran HAM di Indonesia
2. Jenis-jenis kasus pelanggaran HAM di masyarakat
3. Bentuk-bentuk partisipasi msyarakat dalam ikut penegakan HAM
4. Upaya-upaya penegakan dan perlindungan HAM oleh lembaga perlindungan HAM
5. Sikap positif terhadap upaya penegakan dan perlindungan HAM di wilayahnya
C. Metode
Ceramah bervariasi, diskusi dan simulasi
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia. Guru menjelaskan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM
b. Guru membagi kelas menjadi 8 kelompok dengan tugas menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM yang pernah terjadi serta bentuk partiipasi masyarakat dalam ikut pelaksanaan perlindungan dan penegakkan HAM
c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan didtanggapai oleh kelompok lain
d. Guru mengadakan pelurusan trhadap jalanya diskusi dan isi materi diskusi
10 menit
60 menit
3.
Penutup
a. Guru bersama siswa membuat kesimpulan bersama tentang materi
b. Post tes
c. Reflexsi
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari
c. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan tentang kegiatan belajar yang akan dilakukan dengan materi pelanggaran HAM beserta upaya penegakan HAM
b. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok
Kelompok pertama mensimulasikan pelanggaran HAM tentang kekerasan dalam keluarga serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut
Kelompok kedua mensimulasikan pelanggaran Ham tentang orang tua yang melarang anaknya untuk bersekolah, serta upaya untuk menghentikan pelanggaran tersebut
c. Siswa diminta menanggapi tentang jalanya simulasi tersebut
d. Guru melakukan pelurusan tentang jalannya simulasi tersebut
e. Guru meminta hasil laporan simulasi tersebut dari masing-masing siswa
Penutup
a. Siswa bersama guru menyimpulkan
b. Reflexsi
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
1. Buku materi PKn kelas VII
2. UUD 1945
3. UU No. 39 Tahun 1999
4. Koran Bekas atau baru yang menyajikan kasus pelanggaran HAM.
F. Penilaian
No
Pernyataan
SS
S
N
TS
STS
1
Orang tua yang melanggar HAM harus diadili sesuai kesalahanya
2
Upaya penegakkan HAM harus dimulai dari keluarga
3
Guru adalah salah satu aparat penegak HAM di sekolah
4
Kewajiban menegakkan HAM terletak pada aparatur kepolisian dan LSM pemerhati HAM
5
Guru memukul siswa karena tidak mengerjakan PR, merupakan bentuk upaya penegakkan HAM di sekolah
Keterangan
SS = skor 5 bila pernyataan bersifat positif, 1 bila bersifat negatif
S = skor 4 bila pernyataan bersifat positif, 2 bila bersifat negatif
N = skor 3
TS = skor 2 bila pernyataan bersifat positif, 4 bila bersifat negatif
STS = skor 1 bila pernyataan bersifat positif, 5 bila bersifat negatif
Nilai = Jumlah Skor yang diperoleh X 100
Skor maximal
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / 2
Standar kompetensi : Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat
Kompetensi Dasar : 4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemu kakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Indikator
Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat
Menjelaskan hake kat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertang gung jawab
Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Diharapkan siswa dapat :
Pertemuan 1.
1. Menyebutkan pasal dalam UUD 1945 yang mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat
2. Menjelaskan isi pasal dalam UUD 1945 yang mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat
3. Menyebutkan Undang-Undang yang mengatur kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum.
4. menjelaskan pentingnya mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
5. menyebutkan 3 (tiga) asas kemerdekaan mengemukakan pendapat.
6. menyebutkan tujuan pengaturan kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum.
7. menuliskan hak dan kewajiban warga negara dalam mengemukakan pendapat
Pertemuan 2.
1. menyebutkan bentuk-bentuk mengemukakan pendapat di muka umum.
2. menyebutkan tata-cara menyampaikan pendapat di muka umum
B. Materi Pembelajaran
1. Landasan hukum kemerdekaan mengemukakan pendapat.
2. Pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
3. Asas-asas kemerdekaan mengemukakan pendapat
4. Tujuan pengaturan mengemukakan pendapat dimuka umum.
5. Hak dan kewajiban warga negara dalam mengemukakan pendapat di muka umum.
6. Bentuk-bentuk menyampaikan pendapat di muka umum.
7. Tata cara mengemukakan pendapay di muka umum.
C. Metode
Ceramah bervariasi, tanya jawab, simulasi.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
a. Penjelasan konsep tentang landasan hukum, asas-asas, dan tujuan menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
b. Membagi siswa menjadi 8 kelompok untuk mempraktikkan diskusi dengan tema “Larangan merokok dikalangan pelajar SMP”. Siswa diminta melaporkan kesan dan pesan pelaksanaan diskusi tersebut.
Guru bersama siswa menganalisa pelaksanaan diskusi tersebut untuk menyimpulkan pentingnya mengemukakan pendapat di muka secara bebas dan bertanggung jawab, dan hak dan kewajiban warga negara dalam menyampaikan pendapat di muka umum..
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)
b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkan
c. Mengingatkan materi pada pertemuan yang lalu.d. Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Intia Membagi kelas menjadi 8 kelompok.
b. Masing-masing kelompok menelaah dan mendiskusikan materi Undang-Undang No. 9 Tahun 1998 untuk menemukan bentuk-bentuk dan tata cara penyampaian pendapat di muka umum, dan memberikan tanggapannya.
c. Selesai diskusi, guru menunjuk salah seorang siswa untuk menjelaskan bentuk-bentuk dan tata cara penyampaian pendapat di muka umum.
Penutupa. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.Pengambilan kesimpulan oleh siswa bersama guru diakhiri dengan penguatan
b. Post test
10 menit
70 menit
10 menit
E. Sumber belajar dan Media Pembelajaran
Buku Teks PKn bagi Siswa kelas VII
UUD 1945
UU N0. 9 Tahun 1998 Artikel-artikel,
F. Penilaian
a. Format Penilaian Diskusi
No
Nama
Siswa
Berpendapat
Bertanya
Menanggapi
Memberikesempatan
bertanya
Kerjasama
Jmlh
skor
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
b. Pilihan Ganda.
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat diantara 4 (empat) alternatif kamu jawaban yang tersedia
1. Undang-Undang Dasar 1945 memberikan jaminan terhadap kemerdekaan menemukakan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam......
a. pasal 27
b. pasal 28
c. pasal 29
d. pasal 30
2. Kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum diatur dalam.....
UU No. 9 Tahun 1998
UU No. 39 Tahun 1999
UU No. 5 Tahun 1998
UU No. 25 Tahun 1999
3. Berikut adalah tujuan pengaturan tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum menerut UU No. 9 tahun 1998, kecuali....
a. mewujudkan kebebasan yang bertanggung jawab
b. memberikan perlindungan hukum yang konsisten
c. menghormati setiap warga negara untuk menyampaikan pendapat secara bebas
d. mewujudkan iklim yang kondusif bagi berkembangnya partisipasi dan kreativitas setiap warga negara.
4. Hak-hak warga negara dalam mengeluarkan pendapat antara lain....
Memperoleh perlindungan hukum
Memperoleh pengawalan ketat
Memperoleh akomodasi
Memperoleh pemenuhan kebutuhan hidup
5. Kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam menyampaikan pendapat menurut UU No. 9 Tahun 1998 adalah .... kecuali:
menghormati hak-hak dan kebebasan orang lain
menaati hukum dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum
menghargai asas legalitas
C. Isian Singkat
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban singkat dan tepat.
Kebebasan mengeluarkan pendapat di Indonesia dibatasi oleh Undang-undang. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara .....................
Jaminan kemerdekaan mengemukakan pendapat dalam UUD 1945 hasil amandemen diatur dalam pasal.........................dan.............................
Penyampaian pendapat dimuka umum wajib diberitahukan secara tertulis kepada Polri selambat-lambatnya.....................................
Kemerdekaan mengemukakan pendapat di muka umum harus berdasarkan keseimbangan antara ..........................
Kegiatan dialog, demonstrasi, pawai, rapat umum adalah merupakan kegiatan dalam rangka...........................
D. Uraian
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
Jelaskan pentingnya kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebasdan bertanggung jawab
Jelaskan isi pasal 28 UUD 1945 dan pasal 28 E ayat (3) UUD 1945.
Sebutkan asas-asas yang harus dipegang dalam mengemukakan pendapat dimuka umum, minimal 3!
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII / 2
Standar kompetensi : 4. Menampilkan Perilaku Kemerdekaan Mengemukakan pendapat Secara Bebas dan Bertanggung Jawab.
Kompetensi Dasar :4.3 Mengaktualisasikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
Indikator
Menunjukkan sikap positip terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
Alokasi waktu : 4 X 40 menit (2 X pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positip dengan cara memberikan komentar atas pengalaman melihat kelompok yang melakukan demonstrasi, baik yang langsung maupun melalui media elektronik dan cetak.
2. Menganalisa hal-hal yang terjadi dalam kegiatan unjuk rasa yang dilihatnya.
3. Mensimulasikan kegiatan demonstrasi.
B. Materi Pembelajaran
1. Kemerdekaan mengemukakan pendapat.
siswa dengan personil sekolah, antar sesama siswa
C. Metode
Bermain peran, Curah gagasan/pengalaman, Penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran Strategi Pembelajaran/ Kegiatan belajar
Pertemuan 1 Tujuan 1, 2 dan3
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan tentang materi yang akan diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Intia. Membagi siswa menjadi 8 kelompokb. Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk
Mengemukakan pengalaman melihat kelompok yang
melakukan demonstrasi, baik yang dilihat langsung,
maupun melalui media cetak dan elektronik, dan menilai
kejadian yang dilihatnya.
c. Perwakilan kelompok secara acak mempresentasikan hasil diskusi dan ditanggapi kelompok lain.
d. Tanya jawab dan pelurusan hasil diskusi.
10 menit
60 menit
3.
Penutupa. Meminta salah seorang siswa merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan.
b. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa.
c. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat surat pemberitahuan unjuk rasa kepada Polisi.
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegiatan Belajar
Waktu
Ket
1.
2.
3.
Pendahuluana. ApersepsiKesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan,
kelas dll)b. MemotivasiPenjajagan kesiapan belajar siswa dengan memberikan
pertanyaan secara lisan tentang materi yang sudah diajarkanc. Informasi kompetensi yang akan dicapai.
d. Kelas dibagi menjadi 8 kelompok.Kegiatan Intia Masing-masing kelompok berbaris dengan membawa spanduk, bernyanyi, dan meneriakkan yel-yel.
b. Setiap kelompok melingkar, berorasi, dan meneriakkan yel-yel.
Penutupa. Salah seorang diminta untuk melakukan refleksi atas pengalaman belajae yang telah diikuti.
b. Guru bersaa siswa menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahaman siswa.
Mengadakan post testc. Penilaian dengan Quis
10 menit
40 menit
30 menit
E. Sarana dan Sumber belajar
Gambar unjuk rasa
UUD 1945
UU No. 9 Tahun 1998
Buku materi PKn Penerbit Yudhistira 2007
F. Penilaian
Quesioner, bentuk : Skala sikap
Petunjuk: Berilah tanda cek(V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian.
No
PERNYATAAN
SS
S
N
TS
STS
1
Bagi kelompok yang akan berdemo diharuskan meminta ijin terlebih dahulu.
2.
Dalam berdemo harus jelas siapa yang menjadi pimpinan, berapa jumlah peserta, dan apa yang akan disampaikan.
3.
Hari minggu tidak boleh melakukan demo.
4.
Membakar foto presiden dan lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana.
5.
Berdemo yang disertai pengrusakan fasilitas umum merupakan tindakan anarkis.
Mengetahui Semarang, Juli 2008 Jakarta, …………………………….
Kepala SMP Guru Mata Pelajaran
Drs. Yoseph Hambur Drs. Suryadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar