Jumat, 13 Maret 2009

RPP PKn Kelas VIII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 1.Menampilkan Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai
Pancasila
Kompetensi Dasar : 1.1 Menjelaskan Pancasila sebagai dasar negara dan
ideologi negara
Indikator :
Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara
Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Menunjukkan sikap setia pada Pancasila
Alokasi Waktu : 2 x 40’ (2x Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara
Menguraikan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Menunjukkan sikap setia pada Pancasila
Materi Pembelajaran
Pentingnya ideologi bagi suatu bangsa dan negara
Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Sikap setia pada Pancasila
Metode Pembelajaran
Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa dibagi dalam 4 kelompok
Tiap kelompok membahas
Kelompok I : Makna ideologi secara umum dan khusus
Kelompok II : Pentingnya ideologi bagi suatu negara
Kelompok III : Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara
Kelompok IV : Latar belakang Pancasila dijadikan ideologi negara
Penutup
Mengumpulkan hasil diskusi
Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya
10
60
10
Pertemuan Ke-1I
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10’
60’
10’
Sumber Belajar
Buku PKn Kelas VIII
UUD 1945 yang diamandemen
Penilaian
Pilihlah salah satu jawaban yang tepat
1. Dengan berideologi, maka suatu bangsa akan ....
menjadi bangsa yang kuat
memiliki gambaran masa depan yang di cita-citakan*
mampu bersikap tegas terhadap pengaruh bangsa lain
mampu mempertahan- kan kelangsungan hidup bangsanya
Di bawah ini merupakan contoh sikap yang sesuai dengan persatuan, kecuali.…
Bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia
Tidak membeda-bedakan teman berdasarkan suku
Melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya
Menggunakan produk dalam negeri
II. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar!
Jelaskan proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara!
Berikan 5 contoh sikap setia kepada Pancasila
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
Nama
Aspek Nilai
Total Score
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerjasama
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 1.Menampilkan Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai
Pancasila
Kompetensi Dasar : 1.2 Menguraikan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar
negara dan ideologi negara
Indikator :
Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama
Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
Alokasi Waktu : 4 x 40”
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menemukan nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama
Menunjukkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
Menguraikan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
Materi Pembelajaran
Nilai -nilai Pancasila dalam buku Negara Kertagama
Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia
Nilai-nilai yang terkandung dalam setiap sila Pancasila
Metode Pembelajaran
Ceramah Bervariasi
Tanya Jawab
Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa secara berkelompok ditugaskan menelaah nilai-nilai Pancasila melalui berbagai buku sumber
Hasil telaahan diprsentasikan didepan kelas
Penutup
Mengadakan post test
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya
10’
60’
10’
Pertemuan Ke-1I
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa melanjutkan presentasi hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10’
60’
10’
Sumber Belajar
Buku PKn Kelas VIII
UUD 1945 yang diamandemen
Penilaian
I. Jawablah pertanyaan di bawah ini
Sebutkan isi Pancsila dalam buku Negara Kertagama karangan Mpu Tantular!
Berikan 5 contoh sikap yang sesuai dengan nilai Pancasila di lingkungan sekolah
II. Pilihalah salah satu jawaban yang paling benar
1. Nilai-nilai yang terkandung dalam sila kemanusiaan yang adil dan beradab antara lain adalah ....
menghargai perbedaan pendapat
menghragai hasil karya orang lain
memiliki semangat gotong-royong
menjunjung tinggi prinsip persamaan derajat*
III. Tugas Proyek
Bagilah kelas Anda menjadi lima kelompok. Tugas setiap kelompok adalah mengidentifikasi dan menunjukkan berbagai adat istiadat, budaya, atau kebiasaan hidup sehari-hari dalam lingkungan Anda yang mencermin kan perwujudan salah satu sila dari Pancasila. Setiap kelompok mengidentifikasi sila yang berbeda. Laporkan hasil kerja kelompok Anda!
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
Nama
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerjasama
Total Score
Presentasi
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 1.Menampilkan Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai
Pancasila
Kompetensi Dasar : 1.3 . Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila
dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
Indikator :
Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
Alokasi Waktu : 2 x 40”
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Memberikan contoh sikap positif WN terhadap Pancasila
Menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
Menunjukkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
Materi Pembelajaran
Contoh sikap positif terhadap Pancasila
Pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa
Metode Pembelajaran
Analisis Kasus
Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a) Apersesi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
b) Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa secara berkelompok ditugaskan menganalisis kasus yang berkaitan dengan sikap warga negara terhadap Pancasila (Contoh kasus dapat berupa sikap postip untuk kelompok tertentu dan sikap negatif untuk kelompok yang lain.
Hasil diskusi diprsentasikan didepan kelas
Penutup
Mengadakan post test
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya
10’
60’
10’
E. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Buku PKn Kelas VIII
UUD 1945 yang diamandemen
F.Penilaian
I. Jawablah pertanyaan di bawah ini
Jelaskan perilaku dan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!
Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan berbangsa!
Jelaskan pentingnya sikap positif terhadap Pancasila
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 1.Menampilkan Perilaku yang sesuai dengan Nilai-nilai
Pancasila
Kompetensi Dasar : 1.4 . Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam
kehidupan bermasyarakat
Indikator :
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan social.
AlokasiWaktu : 2 x 40”
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Memberikan contoh n sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
Memberikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
Memberikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial
Materi Pembelajaran
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
Contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial
Metode Pembelajaran
Analisis Kasus
Diskusi
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a) Apersesi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
b) Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa secara berkelompok berdiskusi membahas:
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial
Hasil diskusi diprsentasikan di depan kelas
Penutup
Mengadakan post test
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya
10
60
10
E. Sumber Belajar
Buku PKn Kelas VIII
UUD 1945 yang diamandemen
F.Penilaian
I. Jawablah pertanyaan di bawah ini
Berikan contoh n sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan politik
Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan ekonomi
Berikan contoh sikap positif terhadap Pancasila dalam kehidupan social
Berikan contoh sikap positif seorang pedagang terhadap Pancasila, ketika barang-barang kebutuhan pokok sedang langka di pasaran!
II. Tugas Proyek
Pendukung calon Kepala Daerah yang mau menerima kekalahan dengan sportif dapat dipandang sebagai sikap positif terhadap Pancasila. Berikan penjelasannya! Diskusikan dalam kelompok dan laporkan hasilnya!
Berikan contoh sikap positif positif terhadap Pancasila dalam kehidupan sosial!
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 2.Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan berbagai konstitusi yang pernah berlaku
di Indonesia
Indikator :
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat:
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950
B. Materi Pembelajaran
Berbagai konstitusi yang pernah digunakan di Indonesia
Metode
Ceramah Bervariasi,
Diskusi
Langkah –Langkah
Pertemuan 1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Penjelasan umum tentang konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia
Kajian pustaka dengan menelaah sistem ketatanega raan menurut UUD 1945 , Konstitusi RIS, UUDS 1950
Membagi siswa menjadi 6 kelompok
Tiap kelompok berdiskusi berduski sesui tema atau topik yang ditentukan
Persentasi hasil diskusi kelompok
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran
Po test
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR)
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
UUD 1945, konstitusi RIS, UUDS
Kliping Artikel Koran tentang amandemen
F.Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Saat diskusi diadakan pengamaan dan pada akhir PBM dilakukan penilain tertulis dengan bentuk uraian
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
Sebutkan berbagai konstitusi yang pernag belaku di Indonesia1
Jelaskan sistem ketatanega raan menurut UUD 1945 sebelum dan sesudah amandemen
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut Konstitusi RIS
Menjelaskan sistem ketatanega raan menurut UUDS 1950
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 2.Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 2.2. Menganalisis penyimpanga-penyimpangan terhadap
konstitusi yang berlaku di Indonesia
Indikator :
Menunjukkan penyimpangan terhadap UUD 1945 pada peri-ode 1945-1949
Menunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi
Menjelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menunjukkan bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949
Menunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi
Menjelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
B. Materi Pembelajaran
Bukti-bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949
Contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi
Akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau UUD
C. Metode
Penugasan
Diskusi
Langkah –Langkah
Pertemuan 1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Penjelasan umum tentang tugas-tugas kelompok untuk mengkaji bahan pustaka tentang penyimpangan terhadap konstitusi/UUD
Tugas mengkajian bahan pustaka kelompok
Berdiskusi tentang akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi/UUD
Presentasi kelompok
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang dipelajari
Po test
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR)
10 menit
60 menit
10 menit
.E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
UUD 1945, konstitusi RIS, UUDS
Kliping Artikel Koran tentang amandemen
F.Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Saat diskusi diadakan pengamaan dan pada akhir PBM dilakukan penilain tertulis dengan bentuk PG dan uraian
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar
1. Bukti penyimpangan terhadap UUD 1945 pada periode 1945-1949 adalah ....
pemberlakuan UUDS
berlakunya sistem parlementer*
pembubaran Konstituante
penangkatan Presiden seumur hidup
II. Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
Tunjukkan contoh penyimpangan terhadap UUD 1945 sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959 hingga munculnya gerakan reformasi!
Jelaskan akibat-akibat yang timbul dari penyimpangan terhadap konstitusi atau
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 2.Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 2.3. Menunjukkan hasil-hasil amandemen UUD 1945
Indikator :
Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945
Menjelaskan proses amandemen atau perubahan UUD 1945
Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menunjukkan adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945
Menjelaskan proses amandemen atau perubahan UUD 1945
Menunjukkan pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
B. Materi Pembelajaran
Kajian terhadap Amandemen UUD 1945, meliputi:
Adanya peluang untuk melakukan perubahan atau amandemen UUD 1945
Proses amandemen atau perubahan UUD 1945
Pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945
C. Metode
Ceramah bervariasi, Penugasan , Diskusi
Langkah –Langkah
Pertemuan 1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Penjelasan umum tentang garis-garis besar materi yang akan dipelajari
Mengkaji artikel tentang amandemen UUD 1945
Mengkaji naskah UUD 1945 sebelum dan setelah diamandemen
Diskusi tentang hasil-hasil amandemen UUD 1945
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang dipelajari
Po test
tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR)
10 menit
60 menit
10 menit
.E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
UUD 1945, konstitusi RIS, UUDS
Kliping Artikel Koran tentang amandemen
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Saat diskusi diadakan pengamaan dan pada akhir PBM dilakukan penilain tertulis dengan bentuk uraian dan PR
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
Jelaskan makna yang terkandung dalam pasal 37 UUD 1945!
Jelaskan prosedur pengajuan usul perubahan UUD 1945!
Buatlah identifikasi pasal-pasal hasil amandemen atau perubahan UUD 1945, yang dilakukan dalam Sidang Umum MPR 1999, 2000, 2001, dan 2002.
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 2.Memahami berbagai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 2.4. Menampilkan sikap positif terhadap UUD 1945 hasil
amandemen
Indikator :
Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945
Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi
Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan makna amandemen UUD 1945
Menjelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945
Memberikan contoh beberapa pasal UUD 1945 yang diamandemen.
Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi
Menjelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
B. Materi Pembelajaran
Makna amandemen UUD 1945
Pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945
Contoh beberapa pasal UUD 1945 yang diamandemen.
Pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi
Pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
C. Metode
Ceramah bervariasi
Diskusi
Langkah –Langkah
Pertemuan 1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1.
2.
3.
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Membagi siswa menjadi 5 (lima) kelompok
Diskusi kelompok dengan materi:
Kel 1 tentang: Makna amandemen UUD 1945
Kel 2 tentang Pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945
Kel 3 tentang Contoh beberapa pasal UUD 1945 yang diamandemen.
Kel 4 tentang Pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi
Kel 5 tentang Pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
Presentasi hasil diskusi kelompok
Penutup
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang dipelajari
Po test
Tindak lanjut dengan memberi tugas rumah (PR)
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
UUD 1945, konstitusi RIS, UUDS
Kliping Artikel Koran tentang amandemen
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. Saat diskusi diadakan pengamaan dan pada akhir PBM dilakukan penilain tertulis dengan bentuk uraian
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
Jelaskan makna amandemen UUD 1945
Jelaskan pentingnya amandemen atau perubahan UUD 1945
Berikan contoh beberapa pasal UUD 1945 yang diamandemen.
Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap sistem pemerintahan demokrasi
Jelaskan pengaruh amandemen atau perubahan UUD 1945 terhadap hak-hak asasi manusia
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi tata urutan peraturan perundang-undangan nasional ra
Indikator :
Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan
Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan
Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
Alokasi Waktu : 2 x 40’ (2x Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan
Menjelaskan fungsi peraturan perundang-undangan
Menguraikan bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
B. Materi Pembelajaran
Kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan
Fungsi peraturan perundang-undangan
Bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi dan Tanya jawab
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas dll)
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan
Menjelaskankonsep fungsi peraturan perundang-undangan
Kajian pustaka mengenai bentuk dan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional
Penutup
Guru menyimpulkan materi untuk pemahaman siswa
Reflekssi kegiatan yang telah dilakukan
Post test
Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk mempersipan materi pertemuan selanjutnya
10’
60’
10’
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
Undang undang nomer 10 tahun 2004
UUD 1945
.F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. pada akhir PBM . adapun penilaian yang digunakan adalah penilain tertulis dengan bentuk uraian dan PG.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
Kedudukan UUD 1945 merupakan sumber hukum bagi semua peraturan perundang-undangan. Jelaskan maksudnya!
Jelaskan fungsi peraturan perundang-undangan dalam kehidupan bernegara!
Menjelaskan kedudukan UUD 1945 dalam sistem peraturan perundang-undangan?
Sebutkan tata urutan peraturan perundang-undangan nasional menurut UU nomer 10 tahun 2004?
jelaskan mengapa presiden membuat peraturan pemerintah pengganti undang undang
Berikan contoh salah satu peraturan daerah !
Pilihlah sasah satu jawaban di bawah ini yang kamu anggap paling tepat dengan memberi tanda silang. (X) pada Hurup a, b,,c,d.
Bentuk peraturan perundang-undangan yang urutannya satu tingkat di bawah Undang-Undang adalah ....
Ketetapan MPR
Peraturan Pemerintah*
Peraturan Presiden
Keputusan Presiden
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/1
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan ketaatan terhadap perundang-undangan nasional
Kompetensi Dasar : 3.2. Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan nasional
Indikator :
Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang
Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah
Alokasi Waktu : 2 x 40’ (2x Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Mendeskripsikan proses pembuatan peraturan perundang-undangan
Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah
B. Materi Pembelajaran
Mendeskripsikan proses pembuatan undang-undang
Mendeskrpsikan proses pembuatan peraturan daerah
C. Metode
Ceramah bervariasi dan Berdiskusi
Langkah-langkah pembelajaran
Pertemuan Ke-1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas dll)
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Penjelasan konsep secara umum tentang proses pembuatan peraturan perundang undangan
Siswa diajak untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar
Membagi siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah ditentukan
Siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan a
Penutup
Mengumpulkan hasil diskusi
Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk mempersiapkan untuk persentasi pertemuan selanjutnya
10
60
10
Pertemuan 2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Apersepsi
Kesiapan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas dll)
Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
Artikel, berita surat kabar
LKS
.F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran. pada akhir PBM . Adapun penilaian yang digunakan adalah penilain Penugasan dengan bentuk pekerjaan rumah
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas dan benar !
Jelaskan prosses pembuatan undang-undang, mulai dari pengajuan RUU hingga pengesahannya!
Jelaskan prosses pembuatan peraturan daerah, mulai dari pengajuan rancanaagan peraturan daerah hingga pengesahannya!.
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 4 Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidup an
Kompetensi Dasar : 4.1 Menjelaskan Hakekat Demokrasi
Indikator :
Menjelaskan pengertian demokrasi
Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi
Menguraikan Macam macam Demokrasi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
Tujuan pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan pengertian demokrasi
Menguraikan sejarah perkembangan demokrasi
Menguraikan Macam macam Demokrasi
Materi Pembelajaran
Pengertian demokrasi
Sejarah perkembangan demokrasi
Macam macam Demokrasi
C. Metode
Ceramah Bervariasi, Tanya jawab, Diskusi
Langkah –Langkah
Pertemuan 1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas Guru persensi dan menceritakan kehidupan demokrasi di masyarakat
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa diajak untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar
Membagi siswa menjadi 8 kelompok diskusi yang telah ditentukan
Siswa melaksanakan diskusi sesuai dengan tugas yang diberikan
Penutup
Mengumpulkan hasil diskusi
Melakukan refleksi pelaksanaan diskusi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas, guru persensi dan mengajukan pertanyaan tentang materi pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Siswa memperhatikan gambar orang yang berdiskusi yang diperlihatkan guru.
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
Artikel
LKS
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran.
ditekankan pada saat diskusi dan presentasi, teknik penilaian yang dilakukan adalah tes tertulis bentuk instrumen uraian dan PG.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat:
Jelaskan pengertian demokrasi?
Jelaskan sejarah perkembangan demokrasi?
Uraikan macam-macam demokrasi.?
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1. Pelaksanaan demokrasi langsung seperti di Yunani kuno dapat terlaksana karena....
A. jumlah penduduknya sedikit*
B. permasalahannya sederhana
C. kehidupan politik-nya stabil
D. Masyarakatnya homogen
2. Demokrasi yang diterapkan di negara-negara barat, seperti Amerika serikat, adalah demokrasi ....
rakyat
liberal*
totaliter
terpimpin
Di bawah ini yang merupakan penerapan demokrasi langsung adalah pemilihan….
Kepala Desa
Camat
Ketua Pengadilan
Ketua DPRD
Dasar hukum demokrasi di di Indonesia terdapat dalam UUD 1945 pasal….
1 ayat 1
1 ayat 2
2 ayat 1
2 ayat 2
LEMBAR OBSERVASI UNTUK KERJA DISKUSI KELOMPOK
NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
SKOR/ JUMLAH
1
2
3
4
5
6
Aspek yang dinilai :
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran : Jumlah skor :
A. Tidak Baik Skor 1 24 – 30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18 – 23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12 - 17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6 - 11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1
2
Keterangan : Rentang skor : 1 – 3
Aktivitas dalam kelompok 2 - 15 = Sangat baik
Tanggung jawab individu 9 - 11 = Baik
Saling keberuntungan positif 6 - 8 = Cukup
Keberanian berpendapat 3 - 5 = Kurang
Keberanian tampil
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 4 Memahami pelaksanaan demokrasi dalam berbagai
kehidupan
Kompetensi Dasar : 4.2 Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Indikator :
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi
Menunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik
Memberikan contoh praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam bermasyarakat,
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam berbangsa,
Menjelaskan pentingnya kehidupan demokrasi dalam dan bernegara
Menjelaskan akibat tidak menerapkan nilia nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Memberikan contoh praktik demokrasi dalam lingkungan sekolah
Menjelaskan dampak positip menerapkan nilai nilai demokrasi
Membandingkan kehidupan bangsa yang berdasarkan demokrasi dan otoriter
B. Metode
Ceramah Bervariasi
Diskusi
C. Langkah - Langkah
Pertemuan 1
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas guru persensi dan menanyakan tentang penerapan demokrasi dalam keluarga
Motivasi
Penjajakan kesiapan siswa belajar dengan memberi pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan sesuai dengan indikator dan kompetensi
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa diajak untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi dasar ”Pentingnya kehidupan demokrasi dalam dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Siswa membagi – bagi diri dalam 8 kelompok – kelompok diskusi yang telah ditentukan
Siswa melaksanakan tugas menelaah buku dengan
Penutup
Mengumpulkan hasil telaah buku
Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas, guru persensi dan mengajukan pertanyaan tentang materi pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Siswa memperhatikan cerita guru tentang tidak diterapkannya nilai demokrasi
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
Artikel
LKS
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran, diitekankan pada saat diskusi dan presentasi, teknik penilaian yang dilakukan adalah tes tertulis, dengan bentuk instrumen uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini deng jelas dan benar!
Jelaskan pentingnya demokrasi dalam kehidupan bersama ?
Tunjukkan praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan politik?
Tunjukkan cara-cara pemilihan Presiden secara demokratis!
Berikan contoh praktik-praktik demokrasi dalam kehidupan ekonomi!
Jelaskan akibat tidak menerapkan nilia nilai demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara?
Berikan contoh praktek demokrasi dalam lingkungan sekolah?
Jelaskan dampak positip menerapkan nilai nilai demokrasi?
Bandingkan kehidupan bangsa yang berdasarkan demokrasi dan otoriter ?
LEMBAR OBSERVASI UNTUK KERJA DISKUSI KELOMPOK
NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
SKOR/ JUMLAH
1
2
3
4
5
6
Aspek yang dinilai :
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumen.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran : Jumlah skor :
A. Tidak Baik Skor 1 24 – 30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18 – 23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12 – 17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6 - 11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah
1
2
3
4
5
1
2
Keterangan : Rentang skor : 1 – 3
Aktivitas dalam kelompok 2 - 15 = Sangat baik
Tanggung jawab individu 9 - 11 = Baik
Saling keberuntungan positif 6 - 8 = Cukup
Keberanian berpendapat 3 - 5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 4 Memahami pelaksanaan demokrasi dalam
berbagai kehidupan
Kompetensi Dasar : 4.3. Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan demokrasi dalam berbagai kehidupan
Indikator
Menunjukkan kebaikan budaya demokrasi
Menampilkan sikap demokratis dalam kehidupan masyarakat
Alokasi Waktu : 4 x 40 Menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran siswa dapat
Menjelaskan pengertian budaya demokrasi
Menjelaskan dasar hukum demokrasi di Indonesia
Menyebutkan 2 asas suatu negara demokrasi
Menyebutkan ciri ciri negara demokrasi
Menyebutkan demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia
Memberikan contoh budaya demokrasi dalam berbagai kehidupan
B. Metode
Ceramah Bervariasi, Diskusi
C. Langkah –Langkah
Pertemuan I
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas guru persensi dan menanyakan
materi pertemuan sebelumnya
b. Motivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberi pertanyaan berkaitan dengan budaya demokrasi
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan perlunya sikap demokratis dalam berbagai kehidupan
Siswa diajak untuk Berdiskusi tentang perlunya nilai nilai demokrasi dalam dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok diskusi yang membahas tentang
Implementasi nilai demokrasi dalam masyarakat ( kelompok 1,2,3)
Implementasi nilai demokrasi dalam bernegara (kelomok 4,5,6)
Implementasi nilai demokrasi dalam sekolah (7,8)
Siswa melaksanakan diskusi
Penutup
Mengumpulkan hasil diskusi
Melakukan refleksi kegiatan yang telah dilakukan
Tindak lanjut dengan memberikan tugas persiapan presentasi pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan 2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas, guru persensi dan mengajukan pertanyaan tentang materi pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Siswa menyayikan lagu Padamunegeri
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan 3
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas, guru persensi dan mengajukan pertanyaan tentang materi pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Siswa menceritakan pengalamannya tentang demokrasi
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa melanjutkan presentasi hasil diskusi pertemuan sebelumnya, kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Siswa dengan bimbingan guru membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas untuk mempersiapkan persentasi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
60 menit
10 menit
Pertemuan ke 4
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
a. Apersepsi
Kesiapan kelas, guru persensi dan mengajukan pertanyaan tentang materi pertemuan sebelumnya.
b. Motivasi
Menyayikan lagu maju tak gentar
Informasi kompetensi yang akan dicapai
Kegiatan Inti
Siswa melanjutkan mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, sedangkan kelompok lain menanggapi.
Guru memfasilitasi pelaksanaan diskusi dan menyempurnakan jawaban dari siswa.
Penutup
Dengan bimbingan guru siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
Melakukan refleksi
Tindak lanjut dengan memberikan tugas mempelajari materi untuk pertemuan selanjutnya.
10 menit
70 menit
10 menit
E. Sumber Belajar
Buku Materi PKn Kls VIII
Artikel
LKS
F. Penilaian
Penilaian dilakukan sebelum, selama dan sesudah proses pembelajaran, ditekankan pada saat diskusi dan presentasi. Teknik penilaian yang dilakukan adalah tes tertulis, bentuk instrumen uraian
Jawablah pertanyaan di bawah ini deng jelas dan benar!
Tunjukkan kebaikan budaya demokrasi dibanding budaya otoriter!
Jika suatu ketika Anda diminta memimpin pertemuan remaja, apa yang akan Anda lakukan terhadap berbagai usul dan berbagai perbedaan pendapat!
Menjelaskan pengertian budaya demokrasi
Menjelaskan dasar hukum demokrasi di Indonesia
Menyebutkan 2 asas suatu negara demokrasi
Menyebutkan ciri ciri negara demokrasi
Menyebutkan demokrasi yang pernah berlaku di Indonesia
Memberikan contoh budaya demokrasi dalam berbagai kehidupan
LEMBAR OBSERVASI UNTUK KERJA DISKUSI KELOMPOK
NO
NAMA SISWA
ASPEK YANG DINILAI
SKOR/ JUMLAH
1
2
3
4
5
6
Aspek yang dinilai :
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumen.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran : Jumlah skor :
A. Tidak Baik Skor 1 24 – 30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18 – 23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12 – 17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6 - 11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
PENILAIAN PROSES DISKUSI
No
Nama Siswa
Kriteria Penilaian
Jumlah
1
2
3
4
5
1
2
Keterangan : Rentang skor : 1 – 3
Aktivitas dalam kelompok 2 - 15 = Sangat baik
Tanggung jawab individu 9 - 11 = Baik
Saling keberuntungan positif 6 - 8 = Cukup
Keberanian berpendapat 3 - 5 = Kurang
Keberanian tampil
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Kedaulatan Rakyat dan Sistem
Pemerintahan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 5.1. Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
Indikator :
Merumuskan pengertian kedaulatan rakyat
Mendeskripsikan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
Alokasi Waktu : 8 x 40’ (4x Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM, diharapkan siswa dapat:
Menyebutkan pengertian kedaulatan
Membedakan makna kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar
Mengemukakan 5 (lima) jenis teori kedaulatan
Menjelaskan makna kedaulatan rakyat
Menyebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
Mengemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen
Mengemukakan tugas dan kewajiban DPR
Menyebutkan hak-hak DPR
Menjelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat
Mengemukakan tugas dan kewajiban DPD
Menjelaskan tugas dan kewajiban DPRD Tk I
Menjelaskan tugas dan kewajiban DRPD Tk. II
Mengemukakan tugas dan kewajiban BPD
Materi Pokok
Pengertian kedaulatan
Makna kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar
Jenis teori kedaulatan
Makna kedaulatan rakyat
Lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
Tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen
Mengemukakan tugas dan kewajiban DPR
Hak-hak DPR
Peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat
Tugas dan kewajiban DPD
Tugas dan kewajiban DPRD Tk I
Tugas dan kewajiban DRPD Tk. II
Mengemukakan tugas dan kewajiban BPD
Metode
Telahaah buku
Tanya Jawab
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
Siswa membagi – bagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi yang telah ditentukan
Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan
Kegiatan Inti
Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan kedaulatan rakyat
Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok – kelompok yang telah dibentuk
Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menyimak dan menyanggah
Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.
Kegiatan Penutup
Siswa dibimbing guru membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi kedaulatan rakyat
10 Menit
60 Menit
10 menit
Pertemuan Ke2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajara
Siswa membagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi.
Siswa menyiapkan materi /bahan diskusi
Kegiatan Inti ( 60 menit )
Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.
Kelompok I tentang tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen
Kelompok II tugas dan kewajiban dan hak-hak DPR
Kelompok III tentang tugas dan kewajiban DPD serta peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat
Kelompok IV tentang tugas dan kewajiban DPRD Tk I
Kelompok V tentang tugas dan kewajiban DRPD Tk. II
Kelompok VI tugas dan kewajiban BPD
Siswa menginventarisir tugas dan kewajiban lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya
Kegiatan Penutup (10 menit)
Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
Siswa mendapat tugas mendiri sebagai bahan pendalaman materi
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Pertemuan Ke-3
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajara
Siswa membagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi.
Siswa menyiapkan materi /bahan diskusi
Kegiatan Inti
Siswa mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi pada pertemuan ini adalah:
Kelompok I tentang tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen
Kelompok II tugas dan kewajiban dan hak-hak DPR
Kelompok III tentang tugas dan kewajiban DPD serta peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat
Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi
Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi
Kegiatan Penutup
Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban MPR, DPR dan DPD
Siswa mendapat tugas mendiri sebagai bahan pendalaman materi
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Pertemuan Ke-4
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajara
Siswa membagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi.
Siswa menyiapkan materi /bahan diskusi
Kegiatan Inti
Siswa mempersentasikan hasil diskusi kelompoknya. Kelompok yang mempresentasikan hasil diskusi pada pertemuan ini adalah:
Kelompok IV tentang tugas dan kewajiban DPRD Tk I
Kelompok V tentang tugas dan kewajiban DRPD Tk. II
Kelompok VI tugas dan kewajiban BPD
Siswa menyimak klarifikasi dari guru tentang hasil diskusi
Siswa mermbuat simpulan hasil diskusi yang telah mendapat klarifikasi
Kegiatan Penutup
Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar tugas dan kewajiban DPR TK. I, DPRD Tk II dan BPD
Siswa mendapat tugas mendiri sebagai bahan pendalaman materi
10 Menit
60 menit
10 menit
Alat/ Sumber
Buku Teks
Kliping/ guntingan koran
Gambar – gambar tokoh pemerintahan
Perpustakaan
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan ke empat.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk : Tes Uraian
Soal :
Sebutkan pengertian kedaulatan
Bedakan makna kedaulatan ke dalam dan kedaulatan keluar
Kemukakan 5 (lima) jenis teori kedaulatan
Jelaskan makna kedaulatan rakyat
Sebutkan lembaga-lembaga pelaksana kedaulatan rakyat
Kemukakan tugas dan kewajiban MPR sesuai dengan UUD 1945 hasil amandemen
Kemukakan tugas dan kewajiban DPR
Sebutkan hak-hak DPR
Jelaskan peranan DPR dalam system pemerintahan yang berasas kedaulatan rakyat
Kemukakan tugas dan kewajiban DPD
Jelaskan tugas dan kewajiban DPRD Tk I
Jelaskan tugas dan kewajiban DRPD Tk. II
Kemukakan tugas dan kewajiban BPD
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
Nama
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerjasama
Total Score
Presentasi
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Kedaulatan Rakyat dan Sistem
Pemerintahan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 5.2. Mendeskripsikan sistem pemerintahan Indonesia
Indikator :
Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia
Alokasi Waktu : 8 x 40’ (4x Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM, diharapkan siswa dapat:
Menjelaskan pengertian system pemerintahan presidensial
Menjelaskan pengertian system pemerintahan parlementer
Membandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
Menjelaskan sistem pemerintahan Indonesia
Menunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!
Materi Pokok
Pengertian system pemerintahan presidensial
Pengertian system pemerintahan parlementer
Perbedan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
Sistem pemerintahan Indonesia
Metode
Telahaah buku
Tanya Jawab
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
Siswa membagi – bagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi yang telah ditentukan
Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan
Kegiatan Inti
Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer.
Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok – kelompok yang telah dibentuk
Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menyimak dan menyanggah
Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.
Kegiatan Penutup
Siswa dibimbing guru membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi kedaulatan rakyat
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Pertemuan Ke2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajara
Siswa membagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi.
Siswa menyiapkan materi /bahan diskusi
Kegiatan Inti
Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang sistem pemerintahan presidensial dengan parlemen.
Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya
Kegiatan Penutup
Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar sistem pemerintahan presidensial dengan parlemen
Siswa mendapat tugas mendiri sebagai bahan pendalaman materi
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Pertemuan ke 3
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
Siswa membagi – bagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi yang telah ditentukan
Siswa menyiapkan bahan yang akan didiskusikan
Kegiatan Inti
Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan sistem pemerintahan Indonesia.
Siswa mendiskusikan hasil pengamatannya dengan kelompok – kelompok yang telah dibentuk
Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menyimak dan menyanggah
Siswa memperhatikan klarifikasi yang diberikan guru.
Kegiatan Penutup
Siswa dibimbing guru membuat rangkuman yang telah mendapat klarifikasi
Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru berkaitan dengan materi sistem pemerintahan Indonesia
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Pertemuan Ke4
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajara
Siswa membagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi.
Siswa menyiapkan materi /bahan diskusi
Kegiatan Inti
Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang sistem pemerintahan Indonesia.
Siswa membuat rangkuman hasil diskusi kelompoknya
Kegiatan Penutup
Siswa menjawab beberapa pertanyaan sekitar sistem pemerintahan Indonesia
Siswa mendapat tugas mendiri sebagai bahan pendalaman materi
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Alat/ Sumber
Buku Teks
Kliping/ guntingan koran
Gambar – gambar tokoh pemerintahan
Perpustakaan
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan ke empat.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk : Tes Uraian
Soal :
Jelaskan pengertian system pemerintahan presidensial
Jelaskan pengertian system pemerintahan parlementer
Bandingkan sistem pemerintahan presidensial dengan parlementer
Jelaskan sistem pemerintahan Indonesia
Tunjukkan ketentuan-ketentuan dalam UUD 1945 yang menegaskan bahwa sistem pemerintahan di Indonesia adalah sistem presidensial!
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
Nama
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerjasama
Total Score
Presentasi
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP KEBON DALEM
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Kedaulatan Rakyat dan Sistem
Pemerintahan di Indonesia
Kompetensi Dasar : 5.3. Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan
rakyat dan sistem pemerintahan Indonesia
Indikator :
Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia
Alokasi Waktu : 4 x 40’ (2x Pertemuan)
Tujuan Pembelajaran
Setelah PBM, diharapkan siswa dapat:
Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia
Materi Pokok
Sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
Sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia
Metode
Analisis Kasus
Diskusi
Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke I
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses pembelajaran
Siswa membagi – bagi diri dalam kelompok – kelompok diskusi yang telah ditentukan
Kegiatan Inti
Siswa diberikan tugas untuk mendiskusikan:
Kasus tentang pelaksanaan kedaulatan rakyat dan pelaksanaan pemerintahan Indoneisa.
Memberikan tanggapan terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan system pemerintaha Indonesia
Mengiventarisir contoh sikap positip terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan system pemerintaha Indonesia
Siswa mendiskusikan kasus tersebut
Kegiatan Penutup
Siswa menyiapkan hasil diskusi kelompoknya untuk .
Siswa merefleksi kegiatan belajar yang telah dilakukannya
10
60
10
Pertemuan Ke2
No
Kegitan Belajar
Waktu
Keterangan
1
2
3
Pendahuluan
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai indikator yang akan dicapai melalui kegiatan pembelajara
Siswa berkumpulan dalam kelompok – kelompok diskusi.
Siswa menyiapkan materi /bahan diskusi
Kegiatan Inti
Siswa mempresentasikan hasil diskusi yang berupa tanggapan mereka terhadap pelaksanaan kedaulatan rakyat dan system pemerintahan Indonesia.
Siswa dalam kelompok lainnya membrikan tanggapan atau sanggahan.
Kegiatan Penutup
Siswa dibantu guru menyimpulkan hasil diskusi
Siswa mendapat tugas mendiri sebagai bahan pendalaman materi
10 Menit
60 Menit
10 Menit
Alat/ Sumber
Buku Teks
Gutingan Kasus
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan ke empat.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk : Tes Uraian
Soal :
Menunjukkan sikap positif terhadap kedaulatan rakyat
Menunjukkan sikap positif terhadap pemerintahan Indonesia
Setujukah Anda jika DPR diangkat tanpa melalui pemilu, dengan alasan penghematan keuangan negara! Berikan alasan Anda!
Setujukah Anda jika dikatakan bahwa setelah bergulirnya reformasi, warga negara tidak wajib mematuhi kebijakan pemerintah. Berikan alasan Anda
Format Penilaian Diskusi Kelompok
No
Nama
Aspek Nilai
Total Score
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerjasama
Semarang, Juli 2008
Mengetahui
Kepala SMP Kebon Dalem Guru PKn
Drs. Yoseph Hambur Drs. A. Suryadi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar